Peluang Usaha Air Isi Ulang dan Estimasi Pendapatannya

Peluang usaha air isi ulang – Bisnis air minum menjadi salah satu bisnis yang potensial dan tetap akan banyak dibutuhkan di masa mendatang. Meski belakangan ini bisnis air minum isi ulang sudah cukup menjamur namun Anda tidak boleh patah semangat menekuninya karena semua orang butuh air baik itu untuk minum maupun untuk kebutuhan lainnya. Dalam menekuni bisnis ini pun tidak terlalu sulit dan Anda tidak memerlukan tempat yang luas hanya saja Anda membutuhkan tempat yang benar-benar strategis agar mudah terlihat oleh konsumen dan mudah dijangkau oleh mereka.

Usaha Air Isi Ulang

peluang usaha air isi ulang

peluang usaha air isi ulang

Sampai nanti peluang usaha air isi ulang ini akan tetap menggiurkan dan prospektif. Ada beberapa alasan mengapa bisnis ini memiliki prospek yang bagus. Alasan yang paling utama adalah air minum ini adalah kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap hari oleh manusia, tanpa air minum manusia tidak bisa hidup. Mungkin manusia bisa menahan lapar namun tidak dengan menahan minum. Alasan selanjutnya mengapa usaha air isi ulang ini sangat potensial adalah banyak kantor atau usaha bisnis bermunculan dimana air minum ini menjadi kebutuhan wajib bagi para pekerja. Semakin banyak pekerja yang ada di tempat bisnis tersebut maka semakin banyak kebutuhan air minum yang dibutuhkan. Air isi ulang tersebut akan  cepat habis sehingga frekuensi untuk mengisi ulangnya lebih banyak.

Di musim kemarau seperti saat ini banyak yang mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih sehingga untuk kebutuhan memasak dan minum banyak yang mengandalkan dari air galon karena banyak keluarga yang peduli dengan kualitas air minumnya. Air minum isi ulang ini juga sudah disterilkan sehingga bebas kuman dan bakteri.

Cara Memulai Air Isi Ulang

Tidak hanya peluang usaha air isi ulang saja yang menarik untuk dibahas namun cara memulai air isi ulang pun juga penting untuk diketahui. Banyak yang harus gulung tikar karena tidak tahu bagaimana memulai bisnis air isi ulang dengan baik dimana hal ini akan menyebabkan penjualan atau pendapatan tidak sesuai target yang diharapkan. Untuk memulai bisnis air isi ulang yang pertama adalah dengan memilih tempat yang strategis. Tanpa tempat yang strategis ini konsumen akan kesulitan dalam menjangkau tempat bisnis Anda tersebut.

Usaha air isi ulang

Usaha air isi ulang

Cara menjalankan bisnis selanjutnya adalah izin dinas kesehatan. Saat ini masyarakat lebih selektif dalam memilih produk atau pun mengonsumsi makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika tidak mendapatkan izin dari dinas terkait maka kesehatan air isi ulang tempat Anda diragukan oleh masyarakat, agar hal tersebut tidak terjadi penting bagi Anda untuk mengurus izin ke Kementerian Kesehatan. Jangan lupa untuk mencari informasi tentang penyedia depot air minum tutup galon dan tisu yang bagus, menjaga kualitas air, dan peraturan bisnis terbaru di kota tempat tinggal.

Modal Awal dan Biaya Operasional

Untuk bisa menggeluti bisnis usaha air isi ulang ini Anda bisa menyediakan budget mulai dari 15 juta rupiah, dengan budget tersebut Anda akan bisa mendapatkan beberapa peralatan yang diperlukan untuk mengisi air isi ulang.  Selain modal awal tersebut Anda harus mengeluarkan untuk biaya operasional. Dalam sebulan Anda akan mengeluarkan biaya kurang lebih 2,4 juta rupiah dimana biaya tersebut Anda gunakan untuk gaji pegawai, biaya listrik dan air, pembelian tissue pembersih, sewa tempat, dan tutup galon.

Pendapatan

Membicarakan tentang peluang usaha air isi ulang maka tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan pendapatannya. Keuntungan dari usaha air isi ulang ini sangat menguntungkan dan menggiurkan mengingat air minum ini dibutuhkan oleh banyak orang. Untuk menghitung analisa keuntungan usaha ini Anda bisa mengalikan jumlah isi ulang dengan harga pengisian ulang  yang telah Anda tetapkan. Penting bagi Anda untuk memberikan harga yang kompetitif agar bisnis Anda bisa bersaing dengan kompetitor.

uang muka

Misalnya dalam sehari Anda bisa mengisi ulang 15 kali dengan harga 12 ribu maka dalam sehari pendapatan Anda adalah 180 ribu rupiah. Maka dalam sebulan Anda akan mendapatkan penghasilan 5,4 juta rupiah. Dikurangi biaya operasional Anda akan mendapatkan netto atau penghasilan bersih 3 juta rupiah. Dengan penghasilan tersebut Anda bisa menyisihkannya untuk mengembalikan modal awal yang Anda gunakan untuk pembelian peralatan dan lain-lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Peluang usaha air isi ulang memang sangat menggiurkan, namun ada kelebihan dan kekurangan bisnis ini yang harus Anda perhatikan dengan baik.  Kelebihan dari bisnis air isi ulang adalah bukan bisnis musiman dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu air isi ulang lebih praktis dimana hanya tinggal minum tanpa harus memasaknya terlebih dahulu. Kekurangannya adalah harus bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat dan harus menghadapi issue buruk yang sering menimpa usaha air isi ulang tersebut.

Kunci sukses dalam menjalankan bisnis adalah jaga kualitas air, berikan harga yang kompetitif, layanan yang baik dan ramah, dan lokasi yang strategis. Meski peluang usaha air isi ulang ini terbuka dengan lebar, tanpa kunci sukses tersebut bisnis yang Anda jalankan tidak akan bisa berjalan seperti harapan.

Peluang Usaha Air Isi Ulang dan Estimasi Pendapatannya | Malik | 4.5