Bisnis Ahok vs Sandiaga Uno, Mana yang lebih Sukses?

Sama-sama datang dari latar belakang pebisnis, pertanyaan mengenai bisnis Ahok vs Sandiaga Uno, mana yang lebih sukses? Sering terlontar. Bagaimana tidak, keduanya dikenal memiliki sejumlah aset yang sanggup mengantarkan mereka masuk ke jajaran orang terkaya di Indonesia. Keduanya jadi sering dibandingkan karena secara langsung bersaing menjadi calon pemimpin DKI beberapa waktu. Ya meskipun ahok maju sebagai Calon Gubernur sedangkan Sandi maju sebagai Cawagub, namun latar belakang merekalah yang membuat masyarakat justru tertarik untuk membandingkannya. Lalu bagaimana bisnis Ahok vs Sandiaga Uno, mana yang lebih sukses? Simak uraiannya di bawah ini.

Ahok

Total harta kekayaan Ahok kembali menjadi sorotan setelah gugatan cerainya kepada Veronica Tan, istrinya resmi dilayangkan pada 5 Januari lalu. Urusan pembagian harta kekayaan menjadi hal yang banyak di sorot oleh masyarakat kala itu. Ahok sendiri, seperti yang sudah banyak diketahui, merupakan seorang pembisnis dengan banyak perusahaan yang dimilikinya. Berikut adalah daftar perusahaan yang dimiliki Ahok sebelum akhirnya terjun ke dunia politik.

  1. Panda (Kontraktor Timah)

CV ini menjadi perusahaan pertama yang Ahok dirikan. Ia mendirikan CV. Panda tepat setelah menamatkan pendidikannya dengan gelar Sarjana Teknik Geologi di tanah kelahirannya Belitung. CV. Panda adalah kontraktor timah yang masih bergerak di bawah pertambangan PT. Timah. Waktu berjalan, Ahok menyadari bahwa ia membutuhkan manajemen profesional untuk membuat perusahaannya maju. Akhirnya, ia memutuskan untuk melanjutkan kuliahnya ke tingkat magister jurusan Manajemen Keuangan di ST Manajemen Prasetia Mulya Jakarta.

  1. Nurinda Ekapersada

Ahok selanjutnya mendirikan PT. Nurinda Ekapersada pada tahun 1992. Perusahaan ini fokus pada pengolahan pasir karsa yang berada di Dusun Burung Mandi, Desa Mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Saat ini, lokasi pengolahan pasir karsa tersebut sudah tumbuh menjadi kawasan industri besar dengan nama Kawasan Industri Air Kelik (KIAK).

  1. Hotel Purnama Belitung

Tidak hanya fokus pada bidang tambang saja, bisnis Ahok juga merambah ke sektor pariwisata. Hotel Purnama Belitung ini di dirikan Ahok atas nama keluarga dengan jumlah kamar sebanyak 12 kamar. Menurut cerita, hotel tersebut awalnya adalah sebuah garasi mobil. Namun karena ayah Ahok berpesan supaya garasi terbut dijadikan penginapan, akhirnya Ahok mewujudkannya dengan membangun Hotel Purnama Belitung.

  1. Bisnis Properti

Tidak cukup sampai di situ, Ahok ternyata juga merambah ke dunia bisnis properti. Menurut laporan KPU per-2017 lalu, Ahok memiliki investasi berupa 16 harta tidak bergerak yang berupa tanah maupun bangunan yang tersebar di Kabupaten Belitung Timur. Semua aset tanah tersebut jika ditotal bisa mencapai kisaran Rp. 900 juta dan masih banyak lagi tanah yang tercatat atas nama Basuki Tjahja Purnama di Belitung Timur.

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno kembali menjadi sorotan publik setelah sebelumnya memenangkan pilgub DKI, dan kini mencalonkan diri menjadi Cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Namun tentu, yang paling menarik disoroti adalah kekayaan dan bisnis yang dimilikinya, berikut adalah daftar bisnis yang dimiliki Sandiaga Uno.

  1. Saratoga Investama Sedaya

Perusahaan ini di dirikan oleh Sandi bersama dengan Edwin Soeryadjaya yang merupakan anak dari bos besar Astra Internasional, William Soeryadjaya. Perusahaan ini fokus pada pemberian dana segar sebagai investasi kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia. Di awal pendiriannya pada tahun 1998, perusahaan ini berhasil mengakuisisi beberapa saham perusahaan karena memang saat itu banyak perusahaan yang menjual sahamnya dikarenakan krisis moneter yang melanda.

  1. Adaro Energy

Sandi resmi menjadi pemilik PT ini pada tahun 2001 lalu melalui Saratoga Investama Sedaya. Hingga saat ini, PT. Adaro Energy menjadi salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia. Awalnya, PT. Adaro Energy didirikan oleh Enadimsa, perusahaan asal Spanyol. Namun kemudian konsorsium perusahaan Australia dan Indonesia membeli hingga 80% sahamnya tersebut. Di bawah Sandi, PT Adaro kini sudah memiliki banyak anak perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

  1. Mitra Pinasthika Mustika

Bukan hanya di sektor tambang dan investasi, bisnis Sandi juga merambah ke ranah otomotif. Beberapa anak perusahaan MPM seperti Federal Karya Motor, MPM Motor, hingga Sasana Artha Finance saat ini sukses menjadi penyumbang terbesar keuntungan perusahaan.

  1. Provident Agro

Pada tahun 2012, Sandi juga berinvestasi lewat Saratoga kepada Provident Agro selaku bisnis yang pada sektor kelapa sawit. Menurut beberapa sumber, Saratoga berhasil memegang 50% saham atas Provident Agro. Namun akhir-akhir ini, tingkat kepemilikan saham menurun hingga 48% saja.

Itulah daftar bisnis Ahok dan Sandiaga Uno untuk membantu menjawab pertanyaan bisnis Ahok vs Sandiaga Uno, mana yang lebih sukses? Tentu semuanya kembali kepada anda. Silakan nilai siapakah yang menurut anda lebih sukses karena jelas, takaran sukses setiap orang tentu pasti berbeda-beda. Semoga bermanfaat.

 

Bisnis Ahok vs Sandiaga Uno, Mana yang lebih Sukses? | Malik | 4.5