https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

6 Tips Jualan Online Di Facebook Agar Laku Paling Berhasil

Tips jualan online di Facebook agar laku – Facebook dijadikan sebagai media sosial yang paling efektif untuk menjual dan memasarkan bisnis Anda. Banyak pengguna Facebook yang memanfaatkan media sosial ini untuk promosi atau berjualan. Namun hasil yang didapatkan antara pengguna Facebook satu dengan yang lainnya ini berbeda. Orang yang tahu bagaimana cara jualan di Facebook secara efektif akan meraup keuntungan atau profit dibandingkan dengan yang asal promosi. Setiap media sosial memiliki trik dan ilmunya masing-masing sehingga Anda yang berniat untuk promosi menggunakan media sosial harus tahu trik dan caranya. Kelebihan jualan menggunakan Facebook ini adalah pemirsanya lebih luas, sehingga Anda bisa mengatur siapa target pemasaran Anda.

Tips Jualan Online di Facebook yang Tepat

jualan di facebook

jualan di facebook

Saat ini Facebook menjadi salah satu media sosial terbesar yang ada di dunia. Sebelum banyak orang menggunakan Facebook, dulunya masyarakat menggunakan Friendster. Namun karena Facebook menawarkan fitur yang lebih lengkap dan lebih bagus dibandingkan dengan media-media sosial sebelumnya maka banyak yang menggunakan Facebook tersebut. Sejak tahun 2009 sampai saat ini pengguna Facebook semakin bertambah pesat sehingga menjadikannya media sosial terbesar di dunia. Oleh sebab itu saat ini Facebook tidak hanya menjadi media sosial untuk menjalin pertemanan saja, namun juga dijadikan sebagai media promosi paling efektif. Agar menghasilkan profit seperti yang diharapkan, simak strategi jualan online di Facebook agar laku berikut ini:

Produk yang Tepat

Tips jualan online di Facebook agar laku yang pertama adalah Anda harus menentukan produk yang tepat untuk dijual. Untuk bisa sukses dalam memulai bisnis Anda harus menentukan produk yang banyak dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat banyak. Buatlah produk yang menarik dan unik. Setiap masyarakat akan tertarik dengan barang yang unik dan menarik, sehingga mereka akan berusaha untuk menghilangkan rasa penasarannya dengan membeli produk Anda tersebut. Jangan menghasilkan produk yang monoton misalnya saja adalah jika yang lainnya berjualan produk A maka jangan ikut-ikutan berjualan produk A tersebut, boleh saja menjual produk A namun dengan inovasi di dalamnya.

Produk yang Tepat

Produk yang Tepat

Sebagai contohnya adalah saat ini sudah banyak yang menjual kompor dengan kualitas standar, dan jika ada produsen yang memproduksi kompor kemudian menjual dengan kualitas yang sama otomatis produk tersebut akan kurang laku di pasaran. Penyebab konsumen tersebut tidak tertarik untuk membeli kompor adalah tidak ada poin plus dari kompor yang diproduksi dan dijual oleh produsen. Lalu bagaimana agar kompor yang diproduksi laris manis di pasaran?, buatlah kompor yang memiliki fitur yang berbeda dibandingkan dengan yang sudah ada sebelumnya. Misalnya saja saat ini ada produk kompor dari Vaganza yang menawarkan smart sekring yang mana sangat aman sekali bagi ibu rumah tangga yang masih takut untuk memasang gas di rumah. Dengan cakram yang lebih besar membuat pemasangan gas tersebut lebih mudah terutama di bagian tabung gas. Selain itu Vaganza juga dilengkapi dengan tempered glass yang anti panas, anti pecah dan anti gores sehingga membuat banyak ibu rumah tangga yang memburu produk tersebut. Dari kisah Vaganza ini bisa diambil kesimpulan juallah produk yang inovatif dan menarik minat masyarakat dikarenakan nilai plus yang melekat pada produk tersebut.

Pentingnya Fotografi

Materi iklan di Facebook sebaiknya menggunakan materi yang menarik. Tidak hanya sekadar kata-kata saja namun juga dilengkapi dengan fotografi yang bagus. Visual sangat penting dalam materi iklan. Jika tidak tahu ilmunya, Anda bisa meminta bantuan yang ahli di bidang fotografi tersebut. Yang tidak boleh untuk dilakukan adalah jangan membuat kemiripan  produk dengan yang digambar terlalu beda jauh. Alasannya konsumen akan kecewa dikarenakan yang di dalam gambar dengan kenyataan berbeda jauh. Untuk bisa membuat foto terlihat lebih bagus, aturlah pencahayaannya, background gambar yang bagus, peletakan gambar yang pas dan masih banyak lagi lainnya.

Menambah Teman

Menambah Teman

Menambah Teman

Tips jualan online di Facebook agar laku selanjutnya adalah tambahkan teman sampai batas maksimal. Banyak yang mengatakan buat apa memiliki teman banyak tapi tidak kenal, padahal hal tersebut sangat bermanfaat sekali untuk pemasaran. Dahulu banyak sekali yang pilih-pilih teman di Facebook, setelah menggeluti bisnis baru sadar jika teman Facebook yang banyak sangat bermanfaat untuk membuat peluang menarik konsumen lebih besar. Oleh sebab itu mulailah untuk menambah teman di Facebook sampai maksimal. Pertemanan di Facebook ini hanya bisa menampung sebanyak 5 ribu teman saja, berbeda dengan instagram yang followersnya bisa mencapai jutaan.

Posting di Waktu yang Tepat

posting di waktu yang tepat

posting di waktu yang tepat

Tips jualan online di Facebook agar laku yang penting adalah posting di waktu yang tepat. Waktu posting ini sangat bermanfaat sekali untuk memaksimalkan iklan pada jualan Anda. Sebagai contohnya adalah jangan posting di pagi hari di saat banyak orang tidak sempat untuk pegang Smartphone atau membuka akun Facebook dikarenakan pekerjaan rumah tangga atau kesibukan di kantor, postingan Anda akan dilewatkan begitu saja. Saat yang tepat untuk posting adalah saat jam makan siang, saat sore hari, atau saat malam hari saat orang-orang istirahat setelah seharian beraktivitas maka besar kemungkinan bagi mereka untuk membuka sosial media.

Menggunakan Facebook Ads

facebook ads

facebook ads

Jika Anda tidak memiliki banyak teman untuk melirik produk atau jasa yang Anda jual, bisa menggunakan Facebook Ads. Tidak ada iklan yang gratis sehingga untuk menggunakan layanan Facebook Ads ini Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menayangkan iklan Anda di Facebook. Kelebihan iklan menggunakan Facebook ini adalah Anda bisa mengatur pemirsanya yang mana bisa disesuaikan dengan target pasar Anda. Misalnya saja adalah menjual produk khusus wanita dewasa maka Anda bisa mengatur pemirsanya jenis kelamin perempuan dengan rentang umur 20 tahun sampai dengan 40 tahun. Selain itu Anda juga bisa mengatur wilayah, pengguna sosial media di wilayah mana saja yang bisa melihat postingan iklan Anda tersebut.

Fanspage

Fanspage disebut juga dengan Fp yang mana menjadi senjata yang ampuh bagi pebisnis untuk memasarkan produk ataupun jasa yang dijualnya. Untuk bisa membuat Fanspage terlihat profesional Anda bisa mengaitkan link website Anda dengan Fanspage tersebut. Di dalam Fanspage Anda jangan hanya jualan melulu postingannya, namun bisa diisi dengan artikel yang bermanfaat dan berhubungan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan begitu Fanspage Anda tersebut akan terus diingat oleh pengguna Facebook.

Kesalahan Iklan di Facebook

 Iklan di Facebook

Iklan di Facebook

Agar iklan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, Anda harus menghindari beberapa kesalahan yang bisa membuat iklan Anda justru dibenci oleh pengguna Facebook. Hal yang harus dihindari adalah jangan menjelek-jelekkan brand atau produk lain, hindari postingan yang mengandung SARA dan mengundang kebencian, hindari postingan iklan yang sifatnya provokasi, materi iklan yang kurang berbobot, bahasa iklan yang tidak sesuai dengan target, dan lain sebagainya.

Jika bisnis tidak sesuai harapan, Anda bisa melakukan tips jualan online di Facebook agar laku yang telah dijelaskan di atas untuk meningkatkan profit pada bisnis yang Anda geluti.

 

6 Tips Jualan Online Di Facebook Agar Laku Paling Berhasil | Malik | 4.5