8 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dijalankan di Rumah

Ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dijalankan di rumah – Setiap orang pasti memiliki keinginan dan impian untuk menjadi orang yang sukses, termasuk ibu rumah tangga. Hal ini karena kebanyakan wanita yang telah menjadi ibu rumah tangga menjadi tidak produktif karena harus mengurus semua masalah rumah tangga. Jadi bukan hal yang aneh apabila ibu rumah tangga yang ingin menjalankan sebuah pekerjaan dan mendapatkan penghasilan dari usaha tersebut mencari bisnis usaha rumahan yang menjanjikan.

Pertanyaannya, ide bisnis seperti apa saja yang dapat dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga dalam menghasilkan pendapatan baik untuk menyokong kebutuhan rumah tangga ataupun hanya ingin sekedar beraktifitas? Daripada Anda penasaran, berikut adalah contoh ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang dapat dijalankan.

Budidaya Tanaman Hias

Bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi dan kemampuan dalam berkebun, salah satu ide bisnis yang dapat dilakukan adalah budidaya tanaman hias. Dengan bisnis yang satu ini, ibu rumah tangga dapat menjual berbagai tanaman hias sekaligus menghias halaman rumah agar lebih cantik.

Budidaya Tanaman Hias

Budidaya Tanaman Hias

Ide bisnis budidaya tanaman hias disarankan bagi ibu rumah tangga yang memiliki halaman cukup luas. Untuk menjalankannya, ibu rumah tangga dapat membeli tanaman hias secara langsung ataupun dalam bentuk bibit. Ide bisnis yang satu ini memang terlihat sepele namun faktanya tak sedikit orang yang mencari tanaman hias untuk mempercantik rumah mereka. Dengan begitu, Anda pun dapat menghasilkan uang tambahan baik untuk diri pribadi ataupun keluarga.

Membuka Warung Makan

Ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dijalankan di rumah selanjutnya adalah dengan membuka warung makan. Ini adalah jenis bisnis yang sangat umum ditemui dan dijalankan oleh ibu rumah tangga. Bisnis ini cukup mudah dilakukan dan tentunya ibu rumah tangga sekaligus dapat mengurus rumah dan anak secara bersamaan meskipun membuka warung makan.

warung makan

warung makan

Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menyediakan tempat berukuran 2 x 3 untuk warung makan. Bisnis yang satu ini memang terbilang cukup bonatif karena semua orang membutuhkan makanan setiap hari. Tak hanya itu saja, tak semua ibu rumah tangga memiliki waktu untuk menyiapkan makanan untuk keluarganya sehingga salah satu pilihannya adalah membeli makan di warung.

Membuka Salon Potong Rambut

Apabila Anda memiliki kemampuan untuk memotong rambut, ide bisnis yang satu ini sangat cocok dijalankan. Meskipun penghasilan yang dapat diperoleh dari bisnis ini tak begitu besar, namun sedikit demi sedikit pelanggan yang puas dengan kemampuan perawatan rambut Anda akan menjadi pelanggan tetap.

warung makan

warung makan

Untuk ide bisnis ini, Anda dapat menyediakan ruangan berukuran 3 x 4 di bagian rumah Anda. Manfaatkan ruangan tersebut untuk mengerjakan usaha salon rambut. Sediakan berbagai macam faslitas seperti rias pengantin serta alat-alat kecantikan yang lainnya agar salon potong rambut Anda dapat berkembang.

Menjalankan Usaha Catering Makanan

Ide bisnis yang satu ini sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang hobi memasak. Hal ini karena memasak menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh setiap ibu rumah tangga. Untuk itulah, tak ada salahnya jika semua ibu rumah tangga dapat memanfaatkan hobinya tersebut dalam menjalankan ide bisnis catering.

Anda dapat menjalankan bisnis ini di rumah namun carilah link atau jaringan untuk mempromosikan masakan catering Anda. Contoh tempat menjual dan mempromosikan masakan catering Anda adalah tetangga sekitar rumah yang memiliki hajat ataupun perusahaan-perusahaan yang dapat dijangkau. Bisnis sampingan yang satu ini tentunya sangat menjanjikan untuk memberikan penghasilan bagi Anda.

Menjadi Freelancer Penulis Artikel

Penulis artikel

Penulis artikel

Ide bisnis lain yang dapat dijalankan adalah menjadi freelancer penulis artikel lepas. Bisnis yang satu ini sangat cocok dilakukan bagi ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis. Ini adalah jenis pekerjaan yang tidak terikat oleh waktu sehingga dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga di waktu senggang.

Bisnis yang satu ini memang cukup menjanjikan mengingat banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa para penulis artikel. Jadi untuk Anda yang suka dan tertarik dengan dunia penulisan, tak ada salahnya menjalankan bisnis yang satu ini.

Membuka Jasa Penerjemah

Ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dijalankan di rumah selanjutnya adalah membuka jasa penerjemah. Bisnis ini direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kelebihan dalam segi bahasa. Daripada hanya menganggur di rumah, maka cobalah menjalankan bisnis yang satu ini.

Dengan adanya basik bahasa, Anda dapat menghasilkan pundi-pundi uang demi membantu perekonomian pribadi dan keluarga. Untuk itu, Anda dapat membuka sebuah jasa penerjemah di rumah serta mempromosikan bisnis Anda ini melalui internet agar dapat dilihat oleh banyak orang. Tentu saja bisnis ini tidak membutuhkan modal sama sekali sehingga sangat layak dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Menjalankan Les Privat

Les Privat

Les Privat

Apabila Anda memiliki prestasi di bidang akademik, menjalankan les privat adalah salah satu pilihan ide paling tepat untuk dilakukan. Tentunya Anda dapat membagikan ilmu pada anak-anak yang les privat. Usaha yang satu ini dapat Anda lakukan di rumah.

Selain dapat membagikan ilmu pada murid, Anda pun dapat mendapatkan kesenangan tersendiri karena bertemu dengan anak-anak. Dengan menjalankan bisnis les privat, prestasi akademik Anda tidak akan sia-sia.

Menjalankan Usaha Fotocopy

Menjalankan usaha fotocopy dapat menjadi salah satu pilihan bisnis yang sangat cocok bagi ibu rumah tangga. Pasalnya usaha ini dapat dilakukan di rumah dengan menyediakan ruangan khusus usaha berukuran minimal 4 x 2 meter. Ketika menjalankan usaha fotocopy, Anda tak perlu meninggalkan rumah serta pekerjaan rumah tangga.

usaha fotocopy

usaha fotocopy

Anda juga dapat mengembangkan bisnis yang satu ini dengan melengkapi etalase dengan berbagai ATK seperti pensil, ballpoin, kertas, dan lain sebagainya. Bisnis yang satu ini memang terbilang cukup menggiurkan sebab banyak orang yang membutuhkan jasa fotocopy.

Membuka Usaha Laundry

Sama halnya dengan usaha fotocopy, Anda juga dapat menjalankan usaha laundry sebagai salah satu ide bisnis yang dapat dijalankan di rumah. Anda dapat membeli mesin cuci terlebih dahulu saat memutuskan untuk membuka usaha laundry. Saat menjalankan bisnis yang satu ini, Anda sekaligus dapat menggunakan mesin cuci untuk membersihkan pakaian harian Anda bersama keluarga.

laundry

laundry

Bisnis yang satu ini  sangat berguna karena mampu menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Mengingat ada banyak sekali orang-orang yang membutuhkan jasa laundry baju setiap harinya. Apabila bisnis ini berkembang pesat, maka carilah karyawan atau sewa tempat lain untuk menjalankan bisnis ini.

Menjalankan Bisnis Toko Online

Ide bisnis yang terakhir adalah membuka toko online. Di era yang serba maju seperti sekarang, bisnis toko online memang menjanjikan keuntungan yang menjanjikan. Pasalnya toko online atau online shop dapat dimanfaatkan untuk menjual berbagai barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Kelebihan bisnis yang satu ini adalah Anda tak perlu keluar rumah. Cukup berdiam diri di dalam rumah serta mempromosikan barang-barang Anda secara online.

Itulah beberapa contoh ide bisnis ibu rumah tangga yang bisa dijalankan di rumah, semoga bermanfaat.

8 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dijalankan di Rumah | Malik | 4.5
error: Content is protected !!