7 Tips Berjualan di Bazar Agar Laku banyak

Ingin tahu bagaimana tips berjualan di bazar agar laku banyak? Bagi para pedagang, kehadiran bazar dijadikan sebagai salah satu event yang bisa membuat dagangan cepat laku dalam waktu singkat. Di sisi lain, masyarakat Indonesia sendiri sudah sangat akrab dengan yang namanya bazar. Masyarakat tak hanya belanja di mall atau pasar tradisional saja, tetapi juga sering mengunjungi bazar. Selama ini, bazar dikenal sebagai tempat untuk mendapatkan barang-barang unik dengan harga yang murah.

Akan tetapi, bagi penjual, berjualan di bazar membutuhkan usaha ekstra. Setiap kali ada event bazar, tentu ada banyak sekali penjual dadakan yang ikut berjualan. Mengapa? Karena event yang satu ini biasanya diadakan hanya dalam waktu tertentu dan durasinya pun singkat. Nah, bagaimana caranya agar jualan Anda laku banyak dan untungnya pun tetap banyak? Coba simak 7 tips berjualan di bazar agar laku banyak berikut ini.

1. Berjualanlah dengan Niat

berjualan dengan niat

Sebelum mengharapkan dagangan bisa laku banyak atau keuntungan yang besar, cobalah Anda tanyakan pada diri sendiri apakah Anda memang niat berjualan atau tidak. Niat ini sangat penting untuk menjaga semangat selama berjualan di bazar nanti. Kalau niatnya kuat, pasti nanti Anda tidak akan mudah patang semangat.

Karena sudah niat untuk berjualan, Anda pasti sudah melakukan beberapa persiapan sebelum berjualan. Misalnya, menyiapkan barang apa saja nanti yang akan dibawa ke bazar, memesan booth, dan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk berjualan di bazar.

2. Sesuaikan Barang Dagangan dengan Segmentasi Pasar

Setiap bazar biasanya mempunyai tema-tema tertentu. Sebelum memutuskan akan berpartisipasi dalam sebuah bazar tertentu, Anda harus memastikan barang Anda sesuai dengan tema acara. Anda harus tahu kira-kira siapa orang-orang yang akan datang ke bazar. Dengan menjual barang yang cocok, kemungkinan barang Anda bisa laku banyak pasti lebih banyak. Ini juga menjadi salah satu tips berjualan di bazar agar laku banyak.

3. Buat Promo Menarik

Para konsumen pada umumnya sangat lemah dengan promo. Supaya lebih banyak orang yang mengunjungi booth Anda. cobalah memasang tulisan-tulisan promo yang menarik. Anda bisa memilih berbagai strategi promo, misalnya diskon, buy one get one free, atau jenis promosi yang lainnya. Buat tulisan dengan ukuran yang besar-besar agar para konsumen bisa melihat promo tersebut. Dengan begitu, setidaknya akan ada banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi booth Anda. Semakin banyak orang yang mengunjungi booth Anda, semakin besar kemungkinannya untuk barang agar bisa laku banyak.

4. Susun Barang Dagangan dengan Tata Letak yang Menarik

Apabila pengunjung bazar sedang ramai-ramainya, barang-barang dagangan Anda mungkin akan berserakan ke mana-mana karena sudah dilihat-lihat oleh para pengunjung yang datang. Jangan malas untuk membereskan kembali barang-barang yang tidak jadi dibeli. Atau jika memang Anda tak sempat untuk menyusunnya kembali, setidaknya barang dagangan masih tersusun sesuai kategori barang agar pelanggan tetap mudah menemukan barang yang mereka inginkan.

5. Tarik Perhatian Pengunjung Bazar untuk Datang ke Toko Anda

Bagaimana jika pengunjung tak juga datang meski Anda sudah melakukan 4 tips yang pertama? Jangan buru-buru menyerah, Anda tetap harus berjuang agar pengunjung bazar melirik Anda. Lalu, bagaimana caranya? Apa yang harus Anda lakukan?

Anda tentu harus menarik perhatian para pengunjung bazar. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, misalnya menggunakan pengeras suara, membagikan souvernir, atau cara-cara yang lainnya. Kerahkan cara apa pun agar ada orang yang mau berbondong-bondong datang ke booth Anda.

6. Buat Event Menarik di Booth Anda

Tips berjualan di bazar agar laku banyak adalah dengan memanfaatkan segala kreativitas yang Anda miliki. Bazar adalah event yang diselenggarakan oleh suatu organisasi. Anda juga bisa lho membuat event di booth Anda sendiri. Tentunya, event ini bisa disesuaikan dengan produk yang Anda jual. Misalnya, jika Anda menjual barang kerajinan tangan, Anda bisa membuat mini workshop untuk para pengunjung. Biarkan mereka membuat barang mereka sendiri, lalu membayarnya jika ingin dibawa pulang.

Intinya, buat event-event semenarik mungkin pada bazar Anda untuk menarik perhatian pengunjung. Ingat, semakin banyak pengunjung yang datang, akan semakin besar pula kemungkinan barang terjual banyak.

7. Sabar dan Pantang Menyerah

Jangan buru-buru badmood jika barang dagangan belum laku. Anda tetap harus sabar dan berpikir jernih untuk membuat strategi-strategi baru agar dagangan semakin lagu. Jika Anda sudah patah semangat, lebih susah lagi untuk menarik perhatian pelanggan. Tetaplah sabar dan pantang menyerah untuk terus menjual barang dagangan Anda.

Demikian adalah 7 tips berjualan di bazar agar laku banyak. Ketika berjualan di bazar, intinya jadilah penjual yang kreatif. Saingan di Bazar tentu sangat banyak. Jika Anda tidak kreatif, Anda bisa rugi.

7 Tips Berjualan di Bazar Agar Laku banyak | Malik | 4.5
error: Content is protected !!