7 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Jadi Pengusaha Sukses

Jurusan kuliah yang cocok untuk jadi pengusaha- Saat ini, mayoritas pengisi daftar orang terkaya di dunia adalah pengusaha. Sebut saja, Jeff Bezos dengan Amazon yang saat ini menjadi e-commerce terbesar di dunia, kemudian Bill Gates dengan perusahaan Microsoft yang didirikannya, Mark Zuckerberg dengan Facebook, Amancio Ortega dengan brand fashion Zara, dan lain sebagainya. Seolah termotivasi menjadi seperti mereka, orang-orang kemudian banyak mengubah standar kesuksesan dari ‘kaya harus menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil)’ menjadi ‘kaya harus menjadi pengusaha’.

Linier dengan keinginan menjadi seorang pengusaha sukses, segala aspek dalam hidup seakan-akan diarahkan ke sana, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pendidikan memang bukanlah faktor utama dalam perjalanan menjadi seorang pengusaha, akan tetapi ini bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda. Kemampuan yang Anda dapat di lembaga pendidikan, salah satunya perguruan tinggi, dapat menjadi bekal Anda dalam berbisnis. Berikut adalah jurusan kuliah di perguruan tinggi yang cocok untuk Anda apabila ingin menjadi pengusaha.

1.            Manjemen Bisnis

Jurusan kuliah yang cocok untuk jadi pengusaha yang pertama adalah manajemen bisnis. Sesua dengan namanya, jurusan ini akan membekali Anda seluk beluk mengenai bisnis. Mulai dari pengelolaan perusahaan, pengelolaan SD (Sumber Daya Manusia), pengelolaan keuangan, hingga aspek yang tidak kalah penting dalam sebuah bisnis yaitu, pemasaran. Bekal pengetahuan tersebut tentunya akan memudahkan langkah Anda ketika masuk ke dalam dunia bisnis. Contoh pengusaha lulusan Manajemen Bisnis yang sukses dengan usahanya adalah Robert Kuok. Robert Kuok pernah menjadi orang terkaya nomor dua di Asia Tenggara berkat bisnisnya.

2.            Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi saat ini menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Banyak aktivitas dan juga pekerjaan yang dipermudah karena telah terintegrasi dengan teknologi. Dengan kebutuhan manusia terhadap teknologi yang cukup tinggi tersebut, Anda bisa memanfaatkan sektor ini sebagai salah satu bisnis Anda. Berbagai macam bisnis dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi, misalnya usaha desain grafis, editing, pembuatan perangkat lunak, pembuatan website atau juga SEO spesialist. Jika Anda tekuni dengan baik, bukan tidak mungkin Anda dapat menciptakan aplikasi semacam go-jek, facebook, google, shopee, dan aplikasi lain yang dapat digunakan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

3.            Pendidikan

Lulusan jurusan pendidikan tidak harus melulu menjadi guru, dosen, ataupun tenaga pendidik lainnya. Berbekal ilmu yang Anda dapatkan di jurusan Pendidikan Perguruan Tinggi, Anda dapat memulai usaha dengan mendirikan lembaga bimbingan belajar, kursus, seminar, pelatihan, dan usaha lainnya yang berhubungan dengan pendidikan.

Lembaga-lembaga demikian yang bergerak dalam bidang pendidikan saat ini sedang banyak dicari oleh orang tua. Kesibukan orang tua pada pekerjaan di luar rumah membuat orang tua tidak bisa meluangkan banyak waktu untuk pendidikan anak, dan lebih memilih menyerahkannya kepada lembaga pendidikan. Kesempatan seperti ini tentunya menjadi kesempatan yang baik untuk lulusan Pendidikan untuk mengisi usaha di bidang tersebut.

4.            Teknik

Jurusan kuliah yang cocok untuk jadi pengusaha selanjutnya adalah Teknik. Jurusan teknik memiliki beragam bisang yang memungkinkan bagi lulusannya untuk mengembangkannya menjadi bisnis. Misalnya, boga, kecantikan, mesin, bangunan, dan sebagainya. Berbagai bidang tersebut tentunya memungkinkan Anda untuk membuka bisnis seperti, restoran, salon atau jasa rias, konsultan atau arsitektur bangunan, dan masih banyak lagi.

5.            Seni

Meskipun sering dianggap sebagai jurusan yang kurang diminati karena memiliki prospek pekerjaan yang sempit, sebenarnya jurusan seni juga dapat menjadi salah satu sumber pendapatan ketika Anda lulus. Setelah lulus dari jurusan seni, Anda dapat membuka usaha kursus seni (musik, lukis), jasa desain, dan lain sebagainya. Apabila bisnis ini Anda tekuni, bukan tidak mungkin memberikan pendapatan yang tinggi untuk Anda.

6.            Peternakan

Bisnis ternak adalah salah satu bisnis yang menghasilkan produk primer yang banyak dibutuhkan masyarakat. Kebutuhan masyarakat akan hasil ternak tergolong cukup tinggi. Oleh karena itu, peternakan menjadi salah satu bisnis yang dapat Anda lakukan. Untuk memahami seluk beluk mengenai ternak, Anda dapat belajar di perguruan tinggi jurusan Peternakan. Dengan bekal tersebut, bukan tidak mungkin Anda menjadi salah satu pengusaha ternak yang sukses.

7.            Filsafat

Jurusan kuliah yang cocok untuk jadi pengusaha terakhir yang dapat membantu Anda menciptakan jiwa kewirausahaan Anda adalah Filsafat. Jurusan ini dapat melatih critical thingking atau kemampuan berpikir kritis Anda. Salah satu pengusaha lulusan filsafat yang sukses menjadi milyader adalah George Soros.

Demikianlah tujuh jurusan kuliah yang cocok untuk jadi pengusaha. Pendidikan mungkin bukan faktor utama dalam menunjang kesuksesan, akan tetapi pendidikan bisa jadi menjadi salah satu faktor tersebut. Faktor terpenting dalam memulai sebuah bisnis adalah kerja keras dan kegigihan dalam berusaha.

7 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Jadi Pengusaha Sukses | Malik | 4.5
error: Content is protected !!