7 Contoh Usaha untuk Lulusan IT yang Wajib Dicoba!

Contoh usaha untuk lulusan IT – Para lulusan IT banyak dilirik tak hanya oleh perusahaan bidang teknologi saja tapi juga non teknologi. Tak heran, karena seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, teknologi juga memiliki peran cukup penting dalam perkembangan kehidupan manusia. Hingga saat ini pun mulai bermunculan perusahaan yang bergerak di dunia IT, seperti software development, perusahaan teknologi informasi, perusahaan penyedia IT solution, dan perusahaan-perusahaan lainnya. Banyaknya perusahaan IT yang membutuhkan tenaga kerja tentu berdampak pada persaingan kerja yang cukup ketat pula. Untuk itu, tak ada salahnya para lulusan IT mencoba terjun berwirausaha dengan membuka usaha yang berkaitan dengan dunia IT. Lalu usaha apa saja yang cocok untuk lulusan IT?

1. Desain Grafis

Peluang usaha pertama bagi Anda lulusan IT adalah membuka jasa desain grafis. Desain grafis memiliki prospek yang cukup menggiurkan mengingat tak banyak orang yang memiliki skill desain mumpuni. Semakin sulit permintaan klien maka skill yang dibutuhkan dalam pengerjaan project pun semakin besar, sehingga harga yang dapat Anda tawarkan pun bisa naik sesuai dengan tingkat kesulitan. Namun untuk permulaan, ada baiknya Anda menetapkan harga promosi terlebih dahulu, agar orang-orang mengetahui dan tertarik untuk menggunakan jasa Anda. Karena semakin banyak portofolio yang Anda kerjakan, skill yang Anda miliki juga semakin meningkat dan Anda pun terlihat lebih profesional di mata klien. Selain itu, semakin sering Anda mendapat project maka semakin mudah pula Anda menentukan harga kepada klien.

2. Web Development

Web Development

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi, fungsi website pun menjadi kian beragam tak terkecuali untuk perusahaan dan pelaku usaha. Website memegang peran penting bagi perusahaan maupun pelaku usaha, seperti sarana media promosi yang efektif, media memperkenalkan profil perusahaan, media komunikasi, serta dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan. Oleh karena itu peluang usaha web developer adalah salah satu contoh usaha untuk lulusan IT yang paling banyak dicari dan dibutuhkan, mulai dari usaha perseorangan hingga tingkat perusahaan.

3. Software

Software adalah perangkat lunak atau bagian dari sistem komputer yang tak berwujud dan berisi bahasa pemograman tertentu. Bagi Anda lulusan IT yang memiliki kemampuan coding mumpuni, tak ada salahnya untuk mencoba mendirikan usaha software house developer. Prospek pasar bisnis ini tergolong luas, dan harga yang ditetapkan untuk setiap software juga tak murah, sehingga usaha ini termasuk usaha dengan keuntungan menggiurkan yang patut Anda coba.

4. Konsultan IT

Seorang konsultan IT tentu harus memiliki keahlian khusus dalam bidang teknologi, dan ilmu-ilmu yang didapatkan selama duduk di bangku sekolah maupun perguruan tinggi dapat diterapkan dalam usaha yang satu ini. Menjadi konsultan IT tak terpaku pada satu keahlian saja, namun cakupannya cukup luas mulai dari network, software, hingga hardware. Namun umumnya, konsultan IT harus menguasai beberapa keahlian seperti pemograman penyusun website yakni PHP, HTML, dan ASPX. Tak hanya itu, konsultan IT juga harus menguasai bahasa basic seperti NET, Visual Basic, Python, Java, Assembly, hingga Cobol. Lalu keahlian mengoperasikan sistem seperti Windows, Unix, Lynux, Apple OS, Android, Blackberry OS, dan juga keahlian-keahlian lainnya.

5. Developer Game

Jika Anda tertarik dalam dunia game, tak ada salahnya mencoba menjadi seorang developer game atau pembuat game. Tak sedikit yang sukses menjadi seorang developer game dan berhasil meraup keuntungan cukup besar. Caranya dengan mengunggah aplikasi game yang Anda buat di Play Store, dari situlah para developer game menghasilkan pundi-pundi rupiah. Game yang Anda buat juga harus berkualitas baik, dan salah satu game engine yang kerap dipakai para developer game adalah Corona. Bahkan game berbasis Android juga kerap dibuat menggunakan software yang satu ini. Bahasa pemograman Corona juga mudah dipahami karena menggunakan Lua.

6. Startup

Startup adalah contoh usaha untuk lulusan IT yang tak kalah menjanjikan. Startup sendiri adalah istilah bagi seseorang yang baru merintis usaha dalam bidang digital. Dalam membangun sebuah startup, Anda perlu mempersiapkan sebuah konsep yang benar-benar matang, karena konsep yang matang ibarat kunci penting bagi sebuah startup. Lingkup startup juga termasuk masalah desain, pemograman, pemasaran, SEO, dan konten marketing. Jika Anda memahami bidang-bidang tersebut maka Anda dapat mengerjakannya seorang diri, namun jika Anda tak memiliki keahlian dalam bidang-bidang tersebut maka Anda bisa merekrut orang lain untuk membantu Anda menjalankan usaha ini. Contoh startup kecil yang kini telah sukses dan menjadi salah satu perusahaan raksasa dunia adalah Facebook.

7. Aplikasi Mobile

Tak hanya software untuk komputer, para lulusan IT juga dapat membuat aplikasi untuk mobile atau handphone. Seiring dengan perkembangan handphone dari masa ke masa, aplikasi mobile menjadi salah satu yang mengalami kemajuan pesat. Terdapat berbagai kategori aplikasi yang dapat dipilih, namun kategori yang paling banyak di-download oleh para pengguna handphone adalah kategori games, education and reference, dan business and productifity.

Itulah tadi 7 contoh usaha untuk lulusan IT yang wajib dicoba. Jadi, Anda tertarik untuk mencoba yang mana?

7 Contoh Usaha untuk Lulusan IT yang Wajib Dicoba! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!