6 Perguruan Tinggi di Indonesia Yang Menjadikanmu Pebisnis Muda

Perguruan tinggi di Indonesia dengan jurusan Bisnis – Jika Anda tertarik untuk menyelami bisnis memang akan lebih baik kuliah di sekolah bisnis. Untuk mendapatkan ilmu bisnis terbaik ada baiknya Anda juga kuliah di perguruan tinggi dengan jurusan bisnis terbaik. Biar Anda tidak bingung dalam menentukan pilihan, Anda bisa memilih universitas berdasarkan lembaga penghitung ranking universitas asal Prancis, lembaga tersebut adalah Eduniversal Business School Ranking. Sedikitnya ada 9 profesor dari berbagai belahan dunia yang terlibat dalam sistem penilaian ini. Bahkan sekolah bisnis di Indonesia juga tidak luput mereka nilai. Berikut ini adalah beberapa perguruan tinggi di Indonesia dengan jurusan bisnis terbaik:

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

Perguruan tinggi di Indonesia dengan jurusan bisnis terbaik pertama ditempati oleh UI atau Universitas Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UI ini merupakan terbaik pertama di Indonesia karena memiliki berbagai macam departemen.  Jika dilihat dari situs resmi,  ada tiga macam departemen yang bisa dipilih yaitu Ilmu Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen.  Ilmu tentang bisnis ini bisa Anda pelajari di Departemen Manajemen. Jika Anda ingin mempelajari sistem maupun proses bisnis ala syariah, di UI ini Anda bisa mengambil Program Studi Bisnis Islam dengan jenjang S1. Biaya pendidikannya sendiri mulai dari 25 juta rupiah.

Bisnis dan Manajemen ITB

Manajemen ITB

Manajemen ITB

Urutan kedua ada ITB. Jika Ada hanya berpikir jika ITB ini hanya membuka jurusan khusus teknik saja maka Anda salah besar. Memang ITB ini identik dengan teknik namun sejak tahun 2003 silam mereka membuka jurusan bisnis dan manajemen. Sebenarnya untuk MBA ini sudah ada sejak tahun 1990 namun agar menjadi lebih lengkap ITB akan menggabungkan dengan program manajemen menjadi Sekolah Manajemen ITB.

Khusus jenjang pendidikannya mulai dari S1 sampai dengan S3. Khusus S1 ada dua jurusan yang bisa dipilih yaitu manajemen dan kewirausahaan. Di jenjang master akan ada Master of Business Administration dan juga ada Master of Science in Management. Sementara itu juga ada program doktoral di dalam ilmu manajemen. Kampusnya tidak ada di Bandung saja, namun ada di kota besar lainnya seperti di Jakarta, gunanya supaya bisa menjangkau kalangan pekerja di ibukota yang ingin melanjutkan studinya.

IPMI International Business School

IPMI International Business School

IPMI International Business School

Eduniversal menempatkan universitas swasta IPMI International Business School di urutan ke-3. Mungkin universitas ini masih asing dibandingkan dengan UI dan ITB. Namun jika dilihat dari laman resmi IPMI, mereka adalah sekolah bisnis yang pertama kali menggunakan full bahasa inggris dalam proses belajar mengajar. Hebatnya mereka juga menerapkan metode pembelajaran ala Harvard University di Indonesia. Kampus ini letaknya ada di Kalibata, Jakarta dan menyediakan program studi untuk S1 dan S2. Untuk S1 mereka memiliki program studi Manajemen dengan penjurusan Akuntansi dan Keuangan, Kewirausahaan dan Manajemen, terakhir ada Bisnis Internasional. Sedangkan untuk jenjang S2 mereka memiliki program studi Master of Management.

UGM

Perguruan tinggi di Indonesia dengan jurusan bisnis selanjutnya ada UGM atau singkatan dari Universitas Gadjah Mada. UGM memiliki Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang mewadahi mahasiswa untuk bisa mempelajari ilmu lebih dalam tentang manajemen dan bisnis. Yang menarik adalah FEB milik UGM sering dijadikan sebagai tujuan belajar bagi mahasiswa mancanegara yang ingin mempelajari ilmu bisnis.

IPMI International Business School

UGM

Jika dilihat dari situs resminya, UGM ini menerima sedikitnya 150 mahasiswa mancanegara setiap tahunnya. Program studi yang ditawarkan beragam, begitu pula dengan jenjang yang ditawarkan beragam mulai dari S1 sampai dengan S3. Untuk jenjang S2 program yang paling banyak diminati adalah program MBA yang mana memang dikhususkan untuk pekerja. Jika berminat Anda bisa mengambil kelas Executive A yang mana mewajibkan Anda bisa belajar setiap hari di malam hari, dan ada juga Executive B yang mana jadwal belajarnya setiap hari Sabtu.

UNDIP

UNDIP

UNDIP atau Universitas Diponegoro menjadi salah satu universitas favorit di Indonesia. Tidak mengherankan jika di sini mereka memiliki program studi untuk jurusan bisnis terbaik di Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNDIP ini menawarkan berbagai macam pilihan studi. Namun jika dilihat dari halaman resminya, UNDIP ini menawarkan Manajemen, ilmu Ekonomi dan Pembangunan, Akuntansi, dan Ekonomi Islam khusus jenjang S1. Sementara untuk jenjang S2 ada Magister Manajemen, Akuntansi, dan juga Ilmu Ekonomi dan Pembangunan. Bagi yang berniat mengambil S3, UNDIP menawarkan studi Doktor Ilmu Ekonomi. Yang membanggakan adalah semua program studi yang ditawarkan sudah ter akreditasi A sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

UNAIR

Di tahun 2017, Eduniversal menempatkan UNAIR di urutan ke-5 namun kemudian peringkatnya menurun. Di sini Anda bisa mempelajari bisnis dan hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini sudah berdiri sejak tahun 1953 namun saat itu masih bernama Perguruan Tinggi Ekonomi Krisnadwipayana. Ada 4 departemen yang bisa Anda pilih yaitu Manajemen, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Syariah, dan Akuntansi. Semua departemen itu sudah mendapatkan akreditasi dari dalam dan juga luar negeri sehingga kualitas pendidikannya tidak perlu diragukan lagi.

UNAIR

UNAIR

Demikianlah beberapa daftar perguruan tinggi di Indonesia dengan jurusan bisnis terbaik, semoga informasi ini bermanfaat.

6 Perguruan Tinggi di Indonesia Yang Menjadikanmu Pebisnis Muda | Malik | 4.5
error: Content is protected !!