6 Contoh Bisnis yang Cocok Bagi Orang yang Tinggal di Surabaya

Contoh bisnis yang cocok bagi orang yang tinggal di Surabaya – Tinggal di kota besar seperti Surabaya mendatangkan banyak keuntungan bagi warganya contohnya dari segi peluang bisnis. Namun banyaknya persaingan dalam dunia bisnis di kota besar menuntut para pelaku bisnisnya untuk terus berinovasi dan berpikir kreatif. Tak hanya itu, untuk dapat terjun ke dunia bisnis tentu harus dibekali dengan perencanaan matang serta kemampuan untuk menentukan bisnis yang sesuai dengan passion yang dimiliki. Bagi Anda yang tertarik, simak 6 contoh bisnis berikut ini yang cocok dijalankan bagi Anda yang tinggal di Surabaya.

1.      Kuliner Khas Surabaya

rujak cingur

Salah satu prospek bisnis menguntungkan yang bisa Anda coba adalah menjajakan kuliner khas kota Surabaya. Karena tak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu kota tanpa mencicipi kuliner khas kota tersebut. Tak ada salahnya Anda sebagai warga Surabaya mencoba untuk membuka bisnis kuliner khas yang menggoyang lidah. Karena selain keuntungan yang didapat, Anda juga dapat sekaligus memperkenalkan aneka makanan dan minuman khas kota Anda kepada para wisatawan yang datang berkunjung. Terdapat berbagai macam kuliner nikmat yang bisa Anda pilih mulai dari rujak cingur, tahu tek, sate klopo, pecel, nasi krawu, lontong balap, dan aneka masakan lainnya.

2.      Bisnis Ekspedisi

Tak hanya dari sektor kuliner, Anda juga bisa mencoba untuk terjun di dunia ekspedisi. Bisnis ekspedisi dinilai menguntungkan dan merupakan salah satu contoh bisnis yang cocok bagi orang yang tinggal di Surabaya.  Aktivitas jual beli yang tinggi termasuk di kota besar seperti Surabaya membuat bisnis yang satu ini tak akan sepi pelanggan. Terlebih kini sudah banyak pedagang dan pembeli yang berasal dari kota berbeda, bahkan tak jarang berbeda pulau. Sebelum memilih untuk membuka bisnis ekspedisi, Anda perlu mempersiapkan alat-alat seperti komputer, plastik packing, box kayu, timbangan, meja, dan alat-alat pendukung lainnya. Jika peralatan dan tempat sudah siap barulah Anda bisa mulai berbisnis. Untuk armada Anda bisa join dengan beberapa pemilik armada /travel. Satu hal lagi, penting bagi Anda untuk mengurus SIUP atau surat izin usaha.

3.      Tour Guide

Tour Guide

Tak jauh berbeda dengan Jogja, Surabaya kini mulai dilirik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara sebagai destinasi wisata utama. Objek-objek wisata di Surabaya pun tak kalah menarik, mulai dari hutan bambu, Pantai Ria Kenjeran Park, Ekowisata Mangrove, kebun binatang Surabaya, taman hiburan rakyat, Surabaya Carnival Park, Monumen Kapal Selam, dan masih banyak objek wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi. Dengan banyaknya jumlah objek wisata bermunculan dibarengi dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang, membuat bisnis tour guide menjadi salah satu bisnis menguntungkan. Anda dapat mengumpulkan rekan-rekan Anda yang pandai berbahasa asing untuk ikut bergabung dalam usaha jasa tour guide milik Anda.

4.      Berdagang Pakaian

Salah satu contoh bisnis yang cocok bagi orang yang tinggal di Surabaya selanjutnya adalah berdagang pakaian. Bisnis perdagangan khususnya pakaian tak akan ada matinya, karena memiliki potensi yang akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya tren fashion baru. Selain itu terdapat faktor lain yaitu tingginya tingkat konsumsi warga Surabaya yang tentu saja bermanfaat bagi para pelaku bisnis khususnya dalam bisnis perdagangan. Anda bisa mencoba untuk membeli pakaian-pakaian dengan sistem impor maupun membeli pakaian di kota lain. Untuk menghemat biaya Anda bisa membeli stok barang via online, namun jika lokasinya dekat dengan tempat tinggal Anda ada baiknya untuk datang langsung ke toko tersebut. Karena dengan datang langsung ke toko, Anda dapat memilih dan meneliti kondisi pakaian yang akan Anda jual untuk mengurangi risiko barang rusak maupun cacat.

5.      Oleh-Oleh

Oleh-Oleh surabay

Pulang berlibur dengan membawa buah tangan untuk dibagi-bagikan kepada kerabat tentu tak boleh dilupakan. Anda bisa memanfaatkan dengan membuka toko oleh-oleh khas Surabaya, terlebih jika lokasi toko strategis berada di pinggir jalan besar, di dekat terminal, stasiun, atau bandara. Oleh-oleh yang umumnya banyak dipilih para wisatawan adalah makanan dan minuman khas seperti kue lapis, kopi bandrek, kerupuk rambak, sambal kaleng, spikoe, bandeng asap, dan kuliner khas lainnya. Namun tak hanya kuliner, para wisatawan umumnya juga senang membawa pulang cinderamata seperti gantungan kunci, baju, sepatu kulit, batik Surabaya, dan masih banyak lagi.

6.      Budidaya Ikan

Bisnis yang tak kalah menarik namun jarang dilirik banyak orang adalah budidaya ikan. Bahkan pemerintah pun gencar menggalakkan budidaya ikan untuk menambah pundi-pundi rupiah bagi warga Jawa Timur tak terkecuali Surabaya. Budidaya ikan juga dinilai mudah dan tak memerlukan modal yang besar. Hasil dari budidaya ini pun dapat dijual untuk pedagang-pedagang pasar. Langkah-langkah budidaya ikan juga tak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan kolam yang telah dipasangi terpal dan telah diberi alas berupa sekam padi kering atau terpal bekas. Lalu bersihkan permukaan kolam terpal dengan air bersih dan keringkan selama 12 jam. Jika sudah Anda tinggal mengisi kolam dan menebar benih ikan, cukup mudah bukan?

Demikianlah 6 contoh bisnis yang cocok bagi orang yang tinggal di Surabaya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mencoba terjun ke dunia bisnis.

6 Contoh Bisnis yang Cocok Bagi Orang yang Tinggal di Surabaya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!