5 Peluang Usaha Multimedia Paling Potensial

Peluang usaha multimedia – Pekerjaan dan bisnis di bidang multimedia masih tergolong baru. Padahal di era digital seperti saat ini multimedia menjadi hal yang akrab dalam kehidupan sehari-hari. Multimedia muncul setelah ada internet, komputer, gadget, kamera, dan berbagai macam perangkat teknologi lainnya. Bisnis di bidang multimedia seperti saat ini diperkirakan akan memiliki prospek yang cemerlang karena semakin dibutuhkan. Untuk bisa menemukan peluang usaha multimedia yang tepat hal yang bisa dilakukan yaitu merespons perkembangan TI yang ada saat ini. Jika dulunya hanya penikmat saat ini Anda bisa berubah menjadi pembuat dan bahkan penjual.

Ide Bisnis Multimedia

Peluang usaha multimedia cukup luas. Banyak bisnis yang bisa digeluti dimana nantinya Anda akan bekerja dengan banyak media. Meski peluang tersebut masih terbuka dengan lebar Anda harus bisa memilih media yang dikuasai agar hasilnya maksimal.  Berikut ini adalah beberapa ide bisnis multimedia yang bisa Anda geluti:

  1. Komikus
Komikus

Komikus

Peluang usaha multimedia yang pertama adalah menjadi seorang komikus.  Komikus ini akan berkerja dengan gambar. Anda bisa menggeluti bisnis ini dengan menjual komik karya Anda ke masyarakat umum mengingat saat ini peminat komik semakin meningkat. Tidak hanya komik cetak saja namun komik digital juga bisa Anda buat dimana filenya lebih praktis dan lebih fleksibel dibandingkan dengan yang cetak. Anda bisa mempromosikan komik Anda tersebut dengan cara online menggunakan sosial media seperti Instagram. Untuk menarik antusiasme masyarakat dalam menyemarakkan akun bisnis Anda, berikanlah giveaway sebuah komik untuk beberapa pemenang dengan syarat dan ketentuan berlaku.

  1. Jasa animator

Yang bisa digeluti selanjutnya adalah membuka jasa animator. Jika komikus fokus pada gambar diam, animator akan banyak bekerja dengan gambar yang bergerak atau animasi. Untuk menggeluti bisnis ini kemampuan harus bisa mengikuti perkembangan TI, dimana tidak hanya dua dimensi namun juga 3 dimensi. Nantinya animasi ini bisa di aplikasikan ke dalam film, iklan televisi, game, dan lain sebagainya. Semakin banyak yang membutuhkan jasa animator akan semakin banyak yang menggunakan jasa Anda ini.

Jasa animator

Tidak hanya membuka jasa saja, namun Anda sebagai animator bisa melirik YouTube Ads untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Semakin terkenal channel Anda maka akan semakin banyak penghasilan yang didapatkan. Untuk melakukan analisa keuntungan usaha animator YouTube ini bisa dengan menghitung jumlah penonton yang melihat video yang telah di upload. Semakin banyak yang menonton dan banyak iklan yang tidak di skip maka semakin banyak penghasilan yang didapatkan begitu pula sebaliknya.

  1. Iklan kreatif
Iklan kreatif

Iklan kreatif

Periklanan banyak digunakan di berbagai sektor. Tidak hanya dalam bidang komersial, namun pemerintah pun banyak yang menggunakannya untuk mempromosikan program kerja mereka ke masyarakat luas. Tugas Anda adalah menumbuhkan ide kreatif dan inovatif agar iklan yang Anda buat tersebut sesuai dengan permintaan konsumen dan hasilnya memuaskan mereka.

  1. Jasa fotografi dan video shooting

Jasa fotografi

Jasa foto dan video shooting selalu dicari. Alasannya adalah banyak yang ingin mengabadikan momen tertentu sebagai kenangan seperti saat wisuda, lamaran, pernikahan, kehamilan, dan lain sebagainya. Jasa ini memiliki lingkup yang sangat luas sehingga target konsumen juga luas.  Untuk menggeluti bisnis ini Anda harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit untuk membeli peralatan. Biaya yang harus Anda keluarkan mulai dari 25 juta rupiah untuk pembelian kamera, peralatan shooting video, pembuatan studio, dan lain-lain.

  1. Desain grafis

Peluang usaha multimedia yang terakhir adalah desain grafis. Desain ini tidak hanya bisa digeluti oleh jurusan Informatika saja, namun anak multimedia pun juga bisa menggelutinya. Desain yang bisa dibuat adalah banner, cover buku, logo perusahaan atau lembaga, desain kalender, brosur, dan masih banyak lagi lainnya. Semakin bagus dan rapi desain yang dibuat maka semakin banyak yang menggunakan bisnis Anda.

Kisah Sukses Pebisnis Multimedia

Agar semakin semangat dalam menggeluti bisnis, Anda bisa berkaca dari kisah pebisnis sukses di multimedia. Salah satu pebisnis yang sukses dalam bisnis multimedia adalah Wishnutama. Saat ini Wishnutama menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi namun sepak terjangnya di bidang multimedia patut diacungi jempol. Kariernya di media berawal saat jadi asisten produksi di New England Cable News Amerika Serikat, setelah itu menjabat menjadi Asisten Direktur On Air Promotion di WHDH-TV, Boston sampai dengan tahun 1994 dimana kariernya  tersebut semuanya di awali dari nol.

Kariernya di Indonesia berawal saat dia mendapatkan tawaran kerja sebagai Supervisor On Air Promotion di Indosiar pada tahun 1994, setelah itu kariernya terus menanjak. Di tahun 2001 Wishnutama bekerja di Trans TV dan menjabat posisi teratas sebagai CEO. Program TV yang dibesarkan olehnya adalah Opera Van Java, On The Spot, dan juga Dunia Lain. Penghargaan CEO terbaik pernah disabet olehnya.

Di Trans TV Wishnutama hanya bertahan sampai tahun 2012 kemudian mendirikan NET TV di bawah naungan PT Net Mediatama Televisi. Berkat tangan dinginnya banyak tayangan favorit yang digemari masyarakat salah satunya adalah initalkshow. Sayangnya di tanggal 5 April 2019 Wishnutama harus mundur dari jabatannya dan digantikan oleh sahabatnya bernama Deddy Sudarijanto.

Demikianlah beberapa peluang usaha multimedia dan contoh sukses pebisnis di bidang media yang bisa dijadikan inspirasi, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

peluang bisnis multimedia -

5 Peluang Usaha Multimedia Paling Potensial | Malik | 4.5
error: Content is protected !!