5 Cara Memulai Bisnis Ikan Laut Paling Sukses

Cara memulai bisnis ikan laut – Olahan berbagai jenis seafood digemari oleh banyak orang, hal itu dikarenakan rasanya lezat dan bergizi tinggi terutama ikan laut. Kandungan gizi pada ikan laut dipercaya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar  sebagai contohnya adalah kandungan senyawa alami seperti DHA dan juga EPA terutama perairan ikan laut dalam seperti tuna dan juga cakalang. Uniknya DHA dan EPA ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh dimana bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, bermanfaat untuk otak dan mata, pengurang risiko depresi, dan yang terakhir adalah membantu penyerapan vitamin.

Melihat banyaknya gizi yang terkandung pada ikan laut ini tidak mengherankan jika kebutuhan akan ikan laut selalu meningkat setiap harinya. Dilihat dari segi bisnis peluang bisnis ikan laut masih sangat potensial dan juga menggiurkan. Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis ini, berikut ini adalah beberapa cara memulai bisnis ikan laut yang bisa Anda lakukan:

Analisis Kebutuhan Pasar

ikan laut

Cara memulai bisnis ikan laut pertama yang bisa Anda lakukan adalah analisis kebutuhan pasar. Kebutuhan pasar berhubungan dengan konsumen Anda dan juga permintaannya. Permintaan konsumen akan berpengaruh terhadap ikan laut yang akan Anda jual. Tidak semua konsumen membutuhkan jenis ikan laut yang sama sehingga analisis kebutuhan pasar ini sangat diperlukan. Lakukan riset yang mendalam tentang jenis ikan laut apa saja yang paling laris diburu oleh konsumen, dengan begitu Anda akan bisa menjual jenis ikan yang tepat.

Temukan Supplier

Cara memulai bisnis ikan laut selanjutnya adalah temukan supplier ikan. Supplier ikan ini menjadi hal penting dalam bisnis ikan laut karena kesegaran ikan dan kualitas ikan akan tergantung dengan suppliernya. Untuk mendapatkan supplier ikan berkualitas Anda bisa menjalin komunikasi secara langsung dengan nelayan atau mendatangi Tempat Pelelangan Ikan. Dengan sistem berlangganan akan membuat Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Sebenarnya Anda juga bisa membeli sendiri ikan laut di pantai tersebut namun jika jarak tempuhnya jauh membeli ikan di supplier dengan harga grosir lebih disarankan karena Anda harus menjaga performa Anda saat berjualan nanti.

Menghitung Modal

Hal yang tidak boleh untuk Anda lupakan adalah menghitung modal. Seperti yang Anda ketahui bahwa modal dalam bisnis ini sangat penting. Banyak yang harus rela bisnisnya berhenti di tengah jalan karena kekurangan modal. Untuk menggeluti bisnis ikan laut ini tidak diperlukan modal yang besar karena Anda hanya membutuhkan balok es, tempat untuk menampung ikan, tas keresek, payung, dan juga meja. Dengan budget kurang lebih 3 juta rupiah saja Anda sudah bisa menggeluti bisnis ini.

Estimasi keuntungan

Anda juga harus mengeluarkan biaya operasional. Biaya ini tergantung dengan performa bisnis Anda. Biaya yang harus Anda keluarkan terbesar adalah biaya untuk pembelian ikan laut tersebut. Misalnya saja adalah Anda membeli ikan jenis cakalang, tuna, tenggiri, tongkol, dan lain sebagainya. Anda harus mengeluarkan biaya kurang lebih 600 ribu rupiah untuk pembelian ikan-ikan tersebut.

Metode Penjualan

Cara memulai bisnis ikan laut selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan metode penjualan yang tepat. Tanpa metode penjualan ini Anda akan bisa sukses dalam menjual dan berbisnis ikan laut ini. Yang harus di ingat adalah dalam bisnis harus memiliki kemampuan menjual yang bagus karena sebagus apapun bisnis Anda jika tidak berhasil mencapai penjualan yang diinginkan maka tidak akan pernah berhasil. Anda bisa menjual ikan laut di pasar tradisional atau modern yang mana jumlah pesaingnya masih sedikit.

Penjualan ikan laut

Penjualan ikan laut

Pilih pasar yang potensial yang mana ramai dikunjungi oleh pengunjung. Selain berjualan di pasar tradisional Anda juga bisa menjual ikan dengan menawarkannya di kompleks perumahan. Tawarkan saat pagi hari dimana banyak orang yang belum beraktivitas atau bekerja di luar rumah.

Selain kedua cara di atas Anda juga bisa menjadi seorang supplier ikan yang menjual ke pedagang kecil atau membeli secara eceran. Cara penjualan yang terakhir adalah bekerja sama dengan rumah makan ataupun restoran di dekat tempat tinggal Anda. Untuk sukses dalam melakukan hal ini penting bagi Anda untuk memiliki skill komunikasi dan menjalin relasi yang baik.

Harga yang Bersaing

Harga merupakan penentu kesuksesan dan juga kegagalan bisnis.  Dengan memberikan harga yang bersaing maupun kompetitif akan memudahkan Anda dalam mencari konsumen atau langganan pasar. Banyak pepatah yang mengatakan untung sedikit tidak apa asal pemasaran lancar dan penghasilan yang didapatkan konsisten. Harga yang bersaing ini secara tidak langsung akan bisa mempromosikan bisnis ke masyarakat yang lebih luas.

Estimasi Pendapatan

Analisa keuntungan usaha ikan laut ini akan sangat menggiurkan, pasalnya keuntungan yang didapatkan tidak sedikit. Sebagai contohnya jika Anda berhasil mendapatkan penjualan 1 juta rupiah maka keuntungan Anda sebesar 40% sampai dengan 50% dari total penjualan Anda, sehingga nettonya adalah 400 sampai dengan 500 ribu rupiah.

Demikianlah cara memulai bisnis ikan laut yang menarik untuk Anda simak, semoga informasi ini bermanfaat.

5 Cara Memulai Bisnis Ikan Laut Paling Sukses | Malik | 4.5
error: Content is protected !!