4 Contoh Peluang Bisnis Barang Bekas yang Potensial Digeluti

Peluang bisnis barang bekas – Mendengar nama barang bekas, pikiran akan langsung mengarah ke barang yang sudah tidak terpakai lagi, tidak bernilai tinggi, dan hanya berakhir di tempat sampah. Padahal jika mampu memanfaatkan barang bekas dengan baik banyak peluang bisnis potensial yang bisa digeluti.  Peluang bisnis tersebut mampu mengubah barang bekas yang tidak berguna menjadi barang yang lebih bermanfaat, memiliki daya guna yang tinggi, bahkan barang bekas tersebut juga bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Dibutuhkan keterampilan dan juga ketekunan untuk menyulap barang bekas menjadi barang-barang yang lebih bermakna dan berguna.  Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis barang bekas, berikut ini adalah contoh peluang bisnis barang bekas yang potensial untuk digeluti:

Pengepul Rosok

Pengepul Rosok

Pengepul Rosok

Contoh peluang bisnis barang bekas yang pertama adalah pengepul rosok atau barang bekas. Anda bisa membeli rosok yang disetorkan oleh pemulung yang ada di sekitar Anda. Untuk menggeluti bisnis pengepul ini Anda harus menyewa lahan yang luas yang mana bisa digunakan untuk menampung semua barang rosok yang Anda miliki. Peluang bisnis ini masih sangat terbuka dengan lebar karena masih sedikit sekali masyarakat yang tertarik dengan barang rosok. Mereka tidak mau menggeluti bisnis ini karena dianggap kotor dan bau, padahal bisnis ini sangat potensial sekali untuk digeluti karena sudah banyak pengepul barang bekas yang kemudian sukses dengan income mencapai ratusan juta rupiah per harinya. Selain itu dengan menjadi pengepul rosok secara tidak langsung Anda bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain dan para pemulung tidak bingung lagi mau kemana menjual barang yang berhasil didapatkannya.

Kerajinan Tangan dari Bungkus Detergen

Peluang bisnis barang bekas yang bisa digeluti selanjutnya adalah membuat barang bermanfaat dari barang bekas. Salah satu barang bekas yang bisa dimanfaatkan adalah bungkus detergen, bungkus kopi, dan lain sebagainya. Bungkus tersebut bisa dijahit dan dijadikan sebagai barang yang lebih berguna seperti tas, dompet, dan lain sebagainya. Keuntungan menggunakan barang plastik ini adalah waterproof sehingga barang yang ada di dalam tas tersebut tidak akan bisa terkena air. Jika mampu membuat model tas yang menarik, bisnis ini akan sangat menggiurkan dan juga potensial.

Kerajinan Tangan dari Bungkus Detergen

Kerajinan Tangan dari Bungkus Detergen

Tips untuk bisa menggeluti bisnis ini adalah jika Anda kesulitan dalam mengumpulkan bungkus detergent, kopi, dan lain sebagainya sendiri jangan sungkan untuk meminta bantuan dari orang lain karena hal ini akan membuat bungkusan bisa cepat terkumpul. Jika sudah terkumpul, bungkusan harus di cuci terlebih dahulu agar bungkusan tersebut bersih dari kotoran dan sisa bubuk minuman atau detergen. Sebaiknya pilih bungkusan dengan kondisi masih bagus dimana warnanya belum banyak yang pudar dan tulisannya masih terbaca dengan jelas. Untuk menggeluti bisnis ini Anda cukup mengeluarkan modal kurang lebih 2 juta rupiah saja. Untuk harga jual produk beragam bisa mulai puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah.

Kerajinan Koran Bekas

Kerajinan Koran Bekas

Kerajinan Koran Bekas

Meski saat ini banyak yang beralih ke media online, namun koran tidak kehilangan popularitasnya. Masih banyak yang setia berlangganan koran sehingga koran yang tidak terpakai tersebut menjadi barang bekas.  Banyak yang memilih menjual barang bekas koran tersebut ke tukang rosok dengan harga yang tidak seberapa. Jika pandai dalam menganalisa peluang, koran bekas tersebut bisa dijadikan sebagai bisnis yang potensial. Koran bisa disulap menjadi barang yang memiliki harga jual yang tinggi seperti tas, tempat tisu, tempat buah, vas, dan masih banyak lagi lainnya.  Modal untuk menggeluti bisnis ini pun tidak terlalu banyak sehingga cocok bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis modal kecil tapi untung besar.

Kerajinan Palet Kayu

Kerajinan Palet Kayu

Kerajinan Palet Kayu

Barang bekas tidak hanya plastik dan kertas saja, namun kayu yang sudah tidak terpakai pun disebut sebagai barang bekas. Palet kayu sering ada di gudang atau pertokoan besar elektronik yang mana sering dijadikan alas pada bagian bawahnya dan sudah tidak terpakai pun disebut dengan barang bekas. Jika palet kayu tidak digunakan lagi akan dibakar atau dibuang. Daripada terbuang sia-sia banyak palet kayu yang kemudian diubah menjadi barang yang lebih berguna dan bermanfaat. Palet bekas bisa disulap menjadi barang yang bernilai tinggi dan banyak yang berminat terhadap barang yang terbuat dari palet ini. Alasannya karena unik harganya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan barang yang terbuat dari kayu biasa. Banyak kafe, rumah, dan perkantoran yang kemudian menggunakan barang hasil dari palet bekas ini karena dirasa lebih artistik dan juga menarik.

Kendala yang bisa Anda hadapi untuk menggeluti bisnis ini adalah untuk membeli palet kayu tersebut Anda harus mengeluarkan biaya. Tidak hanya itu saja dibutuhkan tambahan modal lainnya untuk menyulapnya menjadi barang yang lebih berguna misalnya jika ingin menyulapnya menjadi sofa maka Anda membutuhkan sponge atau busa dan juga cover untuk sofa tersebut. Harga jual dari produk ini pun beragam mulai dari ratusan ribu rupiah sampai dengan jutaan rupiah.

Demikianlah beberapa contoh peluang bisnis barang bekas yang sangat menarik untuk digeluti, semoga informasi ini bermanfaat.

4 Contoh Peluang Bisnis Barang Bekas yang Potensial Digeluti | Malik | 4.5
error: Content is protected !!