4 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Mudah yang Dapat Anda Lakukan

Di zaman yang serba maju seperti sekarang, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendulang keuntungan, salah satunya adalah cara mendapatkan uang dari Youtube dengan mudah. Youtube sendiri merupakan sebuah situs dimana para pengguna dapat mengupload serta sharing berbagai macam video sekaligus mendapatkan gaji dari video tersebut.

Hanya saja, untuk dapat mendulang pundi-pundi uang dari Youtube, syarat utama yang harus dipenuhi adalah video tersebut memiliki banyak subscriber dan viewers setiap bulannya. Tak tanggung-tanggung, peraturan terbaru dari Youtube bagi content creator, sebutan untuk pengunggah video di Youtube, adalah minimal memiliki 1.000 subcribers dan salah satu video yang diunggah telah dilihat lebih dari 10.000 viewers. Meski demikian, memenuhi persyaratan tersebut bukanlah hal yang sulit karena terdapat beberapa cara mendapatkan uang dari Youtube dengan Mudah.

Bagaimana Youtube Membayar Content Creators

Sebelum mengulas lebih jauh tentang cara apa saja yang dapat digunakan untuk menghasilkan uang dari Youtube, Anda harus memahami bagaimana Youtube membayar Content Creators. Seperti yang dijelaskan di atas, content creators harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Youtube terlebih dahulu. Setelah itu, barulah pemilik channel Youtube dapat mengirim permintaan monetisasi pada pihak Youtube.

Youtube

Youtube

Apabila pengajuan monetisasi dikabulkan, maka video yang telah memenuhi syarat akan dipasang iklan. Dari iklan tersebutlah content creator mendapatkan uang dari Youtube. Iklan di Youtube sendiri jenisnya bermacam-macam, ada yang yang berbentuk endorsement, cross promote, paid promotion, AdSense, hingga featured brand. Meski demikian, untuk iklan endorsment, setidaknya seorang content creator harus memiliki nama besar di Youtube dengan jumlah subscriber mencapai puluhan ribu hingga jutaan subscriber.

Dengan kata lain, bagi Anda yang baru pertama kali terjun sebagai content creator dan ingin sukses di Youtube, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan pembayaran dari iklan via Google AdSense. Meskipun nominalnya tak begitu besar, namun apabila terdapat banyak viewers pada video yang telah Anda upload di Youtube, uang yang Anda dapatkan pun akan semakin banyak.

Tips Mendulang Uang dari Channel Youtube

Mendulang uang dari Youtube

Mendulang uang dari Youtube

Seperti yang kita tahu, persaingan untuk menjadi content creator di Youtube saat ini sudah semakin tinggi. Hal tersebut dipengaruhi oleh banyaknya orang yang ingin sukses dari Youtube. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang dari Youtube dengan mudah.

Membuat Video Berdurasi Panjang

Meskipun yang menjadi persyaratan utama agar channel Youtube dapat digunakan untuk menghasilkan uang adalah jumlah subscriber dan viewers, namun faktanya salah satu matriks penting di Youtube adalah watch time atau waktu kunjungan. Seperti namanya, watch time adalah durasi pengunjung Youtube melihat video-video di channel Anda. Hingga saat ini, watch time masih menjadi poin paling penting untuk mendongkrak kesuksesan Youtubers yang ingin mendapatkan uang dari Youtube.

Sebagai saran, durasi video paling bagus untuk diupload di Youtube adalah di atas 10 menit. Hal ini karena terkadang Youtube akan memberikan ‘ekstra monetize’ dengan menyelipkan iklan di tengah video tersebut. Dalam arti Anda dapat memperoleh uang dari iklan di awal video sekaligus mendapat tambahan iklan di tengah video. Semakin banyak iklan pada video tersebut, uang yang diperoleh pun akan semakin besar.

Sekedar informasi, terdapat 3 jenis iklan yang tampil di video Youtube, di antaranya adalah:

  • Sponsored Cards, yakni iklan yang terdapat di bagian samping channel
  • Overlay Ads, yakni banner iklan yang terdapat di bagian bawah video
  • Skippable Video Ads, yakni iklan berupa video yang umumnya muncul di awal video dan dapat di-skip.

Menjaring Active User

Youtube Active User

Youtube Active User

Salah satu matriks lain yang juga tak kalah pentingnya dari watch time adalah active user. Maksudnya, berapa banyak pengguna Youtube yang kembali lagi menonton video yang telah diupload tersebut. Jadi agak percuma apabila content creators memiliki ratusan ribu subscriber, namun hanya ribuan saja viewers yang mampir ke channel Youtube tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, cara mendapatkan uang dari Youtube dengan mudah yang dapat dilakukan adalah memilih salah satu jenis channel yang memungkinkan untuk memancing active user. Setidaknya terdapat 3 jenis channel yang direkomendasikan bagi Anda:

  • Channel Gaming

Jenis channel yang satu ini sangat cocok bagi pecinta game. Anda dapat melakukan review, memberikan tutorial, hingga bermain game sekaligus streaming di Youtube.

  • Channel News

Di antara jenis channel lainnya, mungkin channel news memiliki ruang lingkup yang cukup luas. Anda dapat mengupload berbagai video dengan tema berita informatif, kejadian tak terduga, kejadian lucu, fakta-fakta sejarah, dan sebagainya.

  • Channel Music

Pada jenis channel ini, Anda dapat mengupload kumpulan-kumpulan lagu yang menarik perhatian pengguna Youtube. Contohnya adalah kumpulan instrument untuk bejalar atau tidur, kumpulan album, dan sebagainya.

Mengaplikasikan SEO di Youtube

SEO di Youtube merupakan hal penting yang harus benar-benar diperhatikan, khususnya bagi Anda yang belum memiliki subscriber sama sekali. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization baik berupa keyword atau metode lain yang membuat video pada channel Anda dapat muncul dengan mudah di kolom pencarian Youtube.

Youtube SEO

Youtube SEO

Pada Youtube sendiri, Anda dapat menerapkan SEO dengan memberikan keyword atau kata kunci yang tepat untuk setiap video yang digunakan. Dalam hal ini, terlebih dahulu lakukan research keyword untuk Youtube. Setelah menentukan keyword, buatlah judul video Youtube yang di dalamnya terdapat unsur dari keyword tersebut. Selain itu, terapkan pula beberapa kata kunci pada bagian ‘tag’ video. Cara ini masih sangat ampuh digunakan hingga sekarang.

Di samping itu, jangan pernah salah dalam memilih kategori pada video yang Anda upload. Meskipun terlihat sepele, namun kesalahan pemilihan kategori dapat berakibat cukup fatal bahkan menyebabkan turunnya viewers dan subscribers pada video Anda. Oleh karena itu, Anda harus cukup jeli dalam mengupload masing-masing dari video tersebut.

Perhatikan Video yang Sedang Trending di Youtube

Cara mendapatkan uang dari Youtube dengan mudah selanjutnya yakni dengan memperhatikan setiap video yang sedang trending di Youtube selama 3 – 7 hari terakhir. Hal ini sangat membantu Anda dalam menganalisis serta menentukan konten seperti apa yang diminati oleh penonton Youtube itu sendiri.

Youtube trending

Youtube trending

Hal yang perlu diperhatikan di sini adalah pastikan video trending Youtube sesuai dengan channel yang sedang Anda bangun. Misalnya Anda memilih jenis channel Game sedangkan video trending adalah tentang fakta-fakta sejarah, maka jangan membuat video tentang fakta-fakta sejarah pada channel Anda. Hal ini karena Youtube sendiri memiliki algoritma yang dapat memetakan video seperti apa yang diupload pada channel tertentu. Ketidak sinkronan video dengan channel Youtube juga dapat memberikan pengaruh terhadap reputasi channel Anda.

Itulah beberapa hal yang dapat lakukan dalam membangun sebuah channel Youtube sebagai penghasil uang. Jika channel Anda sudah memiliki nama besar, bukan hal yang tak mungkin apabila uang pun mengalir dari iklan yang muncul di video-video Anda. Semoga beberapa cara mendapatkan uang dari Youtube dengan mudah di atas bermanfaat.

Artikel Cara Menghasilkan Uang dari Internet ini dikenal, sbb :

Cara mendapatkan uang dari Content Creator -syarat trending youtube -

4 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube dengan Mudah yang Dapat Anda Lakukan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!