10 Alasan Pebisnis Muda Sulit Berkembang dan Solusinya

Alasan pebisnis muda sulit berkembang – Banyak orang bilang jika semakin banyak pengalaman bisnis yang dilalui, semakin besar pula peluangnya untuk sukses. Lalu bagaimana dengan anak-anak muda yang belum lama terjun ke dunia entrepreneurship? Apakah harus melewati banyak kegagalan dulu untuk sampai di titik puncak? Jawabannya bisa iya dan tidak. Semuanya balik lagi ke diri Anda masing-masing. Tapi, sebaiknya Anda juga mengenal apa saja alasan yang membuat pebisnis muda sulit berkembang. Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

1. Tidak Disiplin

Disiplin

Disiplin

Alasan pebisnis muda sulit berkembang yang pertama adalah ketidak disiplinan diri Anda sendiri. Kebiasaan tidak disiplin kontras dengan kunci kesuksesan. Apalagi dalam berbisnis dimana Anda harus benar-benar terorganisir agar usaha yang Anda kerahkan berkembang secara signifikan. Biasakan untuk disiplin memisahkan uang pribadi dan uang usaha misalnya. Lalu, atur waktu dengan baik. Anda harus tahu kapan harus bekerja, belajar, dan bermain. Buat juga peraturan yang jelas dan tegas ketika berbisnis. Jadi, Anda tau mana yang salah dan benar. Membiasakan diri untuk disiplin sejak muda akan membuat masa depan Anda lebih tertata.

2. Tidak Mematangkan Rencana Bisnis

Anak muda cenderung tergesa-gesa dalam merealisasikan ide bisnisnya. Hasilnya, bisnis tidak berkembang karena perencanaan yang kurang matang. Sebelum melangkah, sebaiknya Anda sudah mengetahui konsep bisnis Anda, segmen pasar yang dituju, strategi marketing yang akan digunakan, modal yang dibutuhkan, keuntungan yang akan diraih, hambatan yang mungkin akan dihadapi serta solusi yang harus Anda ambil.

Business plan

Business plan

Perencanaan bisnis tersebut nantinya akan menjadi kompas untuk usaha yang Anda rintis. Setiap tindakan yang Anda ambil, Anda sudah siap dengan risikonya. Entah itu baik atau buruk. Oleh karena itu, rencana bisnis harus diolah dengan matang. Jangan sampai Anda bingung ditengah jalan.

3. Mencari Cara Instan

Kebanyakan anak muda enggan bersusah payah untuk merealisasikan bisnisnya. Padahal, tidak ada kesuksesan yang diraih dengan instan. Semuanya butuh proses dan perjuangan. Jadi, jangan hanya mencari cari cara mana yang paling mudah dan cepat menghasilkan keuntungan. Bergerak dan mulailah step by step.

4. Tidak Terlalu Memahami Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis

Alasan pebisnis muda sulit berkembang berikutnya adalah kurangnya pengetahuan di bidang manajemen bisnis. Padahal, tidak peduli skala bisnis yang Anda geluti kecil atau besar, penerapan ilmu dalam manajemen bisnis berguna untuk melebarkan sayap karir Anda. Contohnya, bagaimana mengelola modal dan kredit dengan benar dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, jangan malas untuk mengikuti seminar atau pelatihan bisnis untuk menambah wawasan dan skill. Buatlah koneksi sebanyak mungkin dengan bergabung dengan komunitas komunitas bisnis.

5. Kurang Berinovasi

Dalam berbisnis, inovasi adalah senjata untuk Anda mengembangkan bisnis. Sayangnya, tidak sedikit anak muda yang tidak mau melakukannya. Bahkan, mereka cenderung mengikuti sesuatu yang populer di masyarakat. Sah sah saja sebenarnya. Tetapi, Anda akan menghadapi persaingan yang ketat. Maka dari itu, jangan meniru konsep yang telah digunakan banyak orang. Lakukan inovasi yang baru dan unik untuk mengembangkan bisnis Anda.

6. Tidak Mempunyai Ketrampilan Intrapersonal

Ketrampilan intrapersonal adalah kemampuan mengelola diri sendiri. Termasuk mengatur emosi, mengendalikan diri, dan menyemangati diri. Kenapa hal ini turut mempengaruhi perkembangan bisnis? Karena dengan memiliki ketrampilan bisnis, Anda mampu menghindari hal-hal yang menjadi hambatan bisnis. Anda juga akan tahu bagaimana cara mengoptimalkan bisnis Anda.

7. Kurang Berevaluasi

Jika Anda kurang berevaluasi mengenai perjalanan bisnis, Anda tidak akan tahu sektor mana yang harus diperbaiki. Dan itu menjadi salah satu alasan pebisnis muda sulit berkembang. Bisnis kecil atau besar perlu evaluasi secara berkala agar masalah yang harusnya diperbaiki tidak dibiarkan berlarut-larut. Dengan berevaluasi juga Anda dapat mengetahui inovasi apa yang harus dilakukan untuk membuat bisnis Anda bergerak maju.

8. Cepat Puas

Alasan selanjutnya yang biasa ditemui ialah terlalu cepat puas dengan hasil yang diraih. Kebanyakan pebisnis baru merasa cukup dengan target yang telah dicapai sehingga lupa untuk melakukan mengembangkan apa yang belum diraih. Jika Anda mendapatkan keuntungan, sisihkan sebagai tambahan modal agar usaha Anda semakin berkembang.

9. Strategi Marketing Tidak Tepat

 Lewat menuju konten utama Lewat ke baris perkakas      Tentang WordPress     Ternak Duit     ProtectionProtection     00 komentar menunggu moderasi     Baru     SEO     Enter a focus keyphrase to calculate the SEO score      Hai, Malik  Log Keluar WordPress 5.1 tersedia! Mohon beritahukan administrator situs. Tambahkan Pos Baru Masukkan judul disini Permalink: https://ternakduit.net/10-alasan-pebisn…ng-dan-solusinya/ ‎ Jumlah kata: 713 Konsep disimpan di 18:46:13. Pratinjau (tautan akan dibuka di jendela baru) Status: Draf Sunting Edit status Kenampakan: Umum Sunting Edit keterlihatan Terbitkan segera Sunting Edit tanggal dan jam Post Views: 0	Edit Readability: Good SEO: Not available Pindahkan ke Tong Sampah      Seluruh Kategori Paling Banyak Digunakan       Bisnis (Primary Kategori) Primary         Bisnis Online         Inspirasi Bisnis           Internet Marketing         Peluang Usaha     Cara Membuat Blog     Investasi         Dollar         Emas         Investasi Online         Perencanaan Keuangan         Properti         Reksadana         Saham         Tips Investasi     Uncategorized  Tambah Tag Baru  Pisahkan tag dengan koma  Business plan  Klik gambar untuk menyunting atau memperbarui  Hapus gambar unggulan Go Premium(Opens in a new browser tab)      Content optimization        	     		     			     				   			 				       			     			     		     	      Enter a focus keyphrase to calculate the SEO score     Social  SEO title preview: 10 Alasan Pebisnis Muda Sulit Berkembang dan Solusinya | Ternak Duit Url preview:https://ternakduit.net › 10-alasan-pebisnis-muda-sulit-berkembang-dan-solusinya Meta description preview: Please provide a meta description by editing the snippet below. If you don’t, Google will try to find a relevant part of your post to show in the search results.  Terimakasih telah membangun dengan WordPress.	  Versi 4.9.9 10 Alasan Pebisnis Muda Sulit Berkembang dan Solusinya | Ternak Duit Tambahkan Media Saring berdasarkan tipe Saring berdasarkan tanggal Cari Media  Detil Lampiran Tersimpan. Strategi-Marketing.jpg 12 Maret 2019 28 KB 500 × 355 Sunting Gambar URL Judul Keterangan Alasan pebisnis muda sulit berkembang  Teks Alt Deskripsi Smush  3 images reduced by 2,1 KB ( 7.0% ) Image Size: 27,7 KB View Stats Pengaturan Tampilan Lampiran Perataan Tautkan Ke Ukuran 1 dipilih

Alasan pebisnis muda sulit berkembang

Bisnis tidak berkembang juga bisa disebabkan oleh penerapan strategi marketing yang tidak sesuai target pasar. Sehingga, mereka kurang tertarik dengan produk Anda. Maka dari itu, temukan strategi marketing yang unik dan sesuai dengan segmentasi pasar Anda.

10. Kurang Fokus

Untuk pemula, fokus pada satu produk dengan konsep yang matang sangat penting untuk dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk mengembangkannya. Jangan hanya karena mengejar keuntungan yang besar, Anda mencampur adukan satu bisnis dengan yang lainnya sehingga manajemennya kacau.

Itulah 10 alasan pebisnis muda sulit berkembang. Perbaiki diri Anda terlebih dahulu lalu, tuangkan kreativitas dan inovasi dalam bisnis yang ingin Anda geluti.

 

 

10 Alasan Pebisnis Muda Sulit Berkembang dan Solusinya | Malik | 4.5
error: Content is protected !!