https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-3327328018275889

Perhatikan 5 Syarat Wajib Ini untuk Menjalankan Bisnis Franchise

Kini usaha franchise atau waralaba sedang mengalami perkembangan pesat di Indonesia, terutama pada dunia kuliner. Jika beberapa tahun belakangan bisnis franchise banyak didominasi oleh perusahaan luar negeri, seiring berjalannya waktu franchise lokal pun sudah bisa bersaing dan dikenali oleh masyarakat secara luas.

Cara kerja usaha waralaba sendiri adalah setiap mitra akan diberikan merek dagang, bahan bagi, hingga produk yang sama dari bisnis franchise tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuannya. Maka dari itu hubungan antara pemilik franchise dengan mitra harus terjalin dengan baik agar kerja sama bisa berlangsung tanpa ada hambatan apapun.

Bisnis Investasi Franchise

Akan tetapi menjalankan bisnis franchise sendiri tak bisa dilakukan sembarangan dan membutuhkan perhitungan matang agar bisa menghasilkan profit besar. Apa saja syaratnya? Simak 5 syarat wajib menjalankan bisnis franchise di bawah ini.

1.      Memiliki Ciri Khas

Bila ingin menjalankan usaha franchise, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jenis produk yang akan dipasarkan. Pastikan produk tersebut punya ciri khas yang membedakannya dengan produk serupa. Hal ini tentunya akan membuat bisnis Anda dikenal dengan mudah dan cepat. Sebuah bisnis tentunya harus memiliki keunikan untuk menarik perhatian masyarakat secara luas.

2.      Memiliki Catatan Keuangan

Syarat kedua adalah memiliki catatan keuangan. Jadi, sebelum menjual jenis usaha ini, para pendiri usaha franchise harus membuat pembukuan secara rutin dan tersusun rapi. Meskipun belum memiliki bisnis yang besar, akan tetapi catatan keuangan harus dilakukan dengan baik dan benar.

Dengan begitu, Anda pun bisa mengetahui dengan pasti bagaimana perkembangan bisnis tersebut dari waktu ke waktu. Catatan keuangan juga dapat memberikan informasi tentang kondisi suatu bisnis, apakah sedang untung atau merugi pada satu periode tertentu.

3.      Dilengkapi dengan SOP yang Jelas

Standar Operasional Prosedur (SOP) merupakan dokumen yang dijadikan sebagai acuan untuk membantu semua orang dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Dengan badanya SOP, Anda tentunya bisa memiliki standar kualitas yang sama antara franchise satu dengan lainnya dari berbagai aspek mulai dari produk dan pelayanan terhadap pelanggan.

Bukan hanya memiliki SOP yang jelas, dalam menjalankan bisnis ini SOP akan memudahkan segala aktivitas. Untuk menentukan SOP yang tepat harus melalui berbagai tahapan seperti berikut ini:

  • Membentuk tim khusus
  • Membagi tugas pada masing-masing tim
  • Mendokumentasikan semua jenis kegiatan
  • Menyusun alur kerja
  • Melakukan diskusi antar tim
  • Melibatkan pelaksanaan SOP pada pembahasan
  • Melakukan uji coba SOP
  • Mengevaluasi dan memperbaiki poin yang belum sesuai.

Dengan adanya SOP, semua elemen yang terlibat dalam suatu bisnis pastinya akan menjadi lebih mudah ketika diajarkan. Selain itu pengaplikasiannya pada bisnis franchise pun akan memudahkan semua pelaku usaha tanpa harus merasa khawatir.

4.      Diberikan Dukungan Secara Maksimal

Pewaralaba umumnya akan memberikan pelatihan khusus bagi seluruh mitra yang telah menyewa franchise mereka. Selain bisa mendapatkan pelatihan sebelum memulai bisnis, mitra juga bisa mendapatkan semua hal yang dibutuhkan dengan bisnis franchise tersebut meliputi bahan produksi, seragam karyawan, peralatan dapur, media promosi, dan masih banyak lagi.

Baca juga : 6 Keuntungan Menjalankan Bisnis Franchise yang Wajib Kamu Pertimbangkan

Dukungan yang diberikan secara maksimal tentu akan membuat perjalanan bisnis menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. Tak heran jika seiring berjalannya waktu banyak orang mulai melirik jenis bisnis satu ini.

5.      Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang Terdaftar

Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) merupakan hasil dari pemikiran seseorang terhadap suatu produk baru dengan berbagai manfaat untuk banyak orang. Produk tersebut juga merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah diciptakan sebelumnya oleh orang lain. HAKI sendiri meliputi beberapa hal seperti:

  • Hal Cipta
  • Hak Merek
  • Hak Paten

Jadi, hal ini pun menjadi salah satu nilai tambah yang menjadikan produk tersebut unik dan tidak akan ada yang menyerupainya. Jika ada produk yang menjiplak tanpa izin, maka bisa digugat secara hukum.

Demikianlah pembahan singkat tentang syarat-syarat yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha franchise yang mudah dan cepat. Berbisnis franchise memang akan memberikan profit besar, namun pastikan Anda menjalankannya dengan baik agar bisnis berlangsung dengan lancar.

 

Perhatikan 5 Syarat Wajib Ini untuk Menjalankan Bisnis Franchise | Malik | 4.5