7 Ide Bisnis Rumahan yang Dapat Dicoba di 2022

Menjelang 2022, banyak orang yang berpikir untuk memulai bisnis sendiri. Ada dua alasan utama yang menjadi penyebabnya. Pertama, kesulitan mendapat lapangan pekerjaan yang layak. Kedua, ingin mengubah nasib dan menambah penghasilan secara mandiri. Yang jelas, apa pun alasannya memulai bisnis sendiri sangat layak untuk dilakukan. Nah, dalam artikel ini kita akan memberikan 7 ide bisnis rumahan yang bisa dicoba di 2022.

Bisnis Kuliner

Pertama, Anda bisa mencoba untuk memulai bisnis kuliner. Bisnis ini memiliki potensi pasar yang luas dan tidak pernah sepi dari permintaan. Apalagi, bisnis kuliner bisa dilakukan dari rumah tergantung jenis kuliner apa yang ditawarkan.

kuliner sehat

Lalu, jenis bisnis kuliner apa yang cocok untuk pemula? Untuk para pemula Anda bisa memulai usaha jualan makanan ringan. Keunggulan makanan ringan adalah lebih awet dan juga tahan lama. Selain itu, jenis makanan ringan disukai oleh banyak kalangan sebab harganya yang cukup murah.

Selain makanan ringan, berjualan kuliner sehat menjadi opsi yang menjanjikan. Semenjak pandemi melanda, banyak orang yang mulai memperhatikan kesehatan mereka. Salah satunya adalah dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Nah, situasi ini menawarkan peluang bisnis menjanjikan yang bisa dimanfaatkan secara optimal.

Ternak Ikan

Ide bisnis rumahan selanjutnya adalah bisnis ternak ikan. Bisnis ini populer dalam beberapa tahun tekahir dan sempat viral di media sosial. Alasannya jelas, yaitu potensi profit yang cukup menjanjikan. Anda sudah bisa mendapat untung dari hasil panen setelah 4-10 bulan menjalankan bisnis.

Untuk memulai ternak ikan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, tentukan jenis ikan apa yang ingin diternak, apakah nila, gurame, lele, dan lain-lain. Kedua, tentukan lokasi kolam yang pas, yang cocok dengan habitat ikan ternak. Ketiga, perhatikanlah asupan pangan untuk menjaga kesehatan ikan ternak.

Bisnis ternak ikan bisa dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan lahan yang masih kosong. Anda tidak perlu membuat kolam khusus sebagai wadah untuk ternak ikan. Beberapa jenis ikan bisa dibudidaya dengan modal terpal saja.

Jasa Fotografi

Ide bisnis selanjutnya adalah jasa fotografi. Bisnis ini tidak selalu membutuhkan studio profesional  sebagai tempat menjalankan bisnis. Beberapa job seperti foto prewedding, foto pernikahan, atau kebutuhan foto lainnya memungkinkan Anda untuk bekerja di luar studio.

Oleh karena itu, Anda yang hobi fotografi dan punya sedikit skill editing bisa mencoba menjalankan bisnis ini. Semakin banyak orang membutuhkan jasa fotografer profesional untuk mengabadikan momen-momen penting. Oleh karena itu, job fotografi tidak akan sepi dari permintaan pelanggan.

Bisnis Hewan Peliharaan

Hobi memelihara hewan dan ingin menjadikannya sebagai bisnis? Sangat bisa! Permintaan akan hewan peliharaan cenderung meningkat semenjak pandemi covid-19. Orang mulai memelihara hewan seperti ikan cupang, serangga, reptil dan jenis hewan lainnya sebagai media pelepas stress. Kondisi inilah yang harus Anda lihat sebagai  peluang bisnis yang menjanjikan.

Untuk memulai bisnis ini, pelajarilah teknik breeding yang bisa didapat dari sumber internet. Jika sudah berhasil dengan breeding, pasarkan hewan peliharaan lewat toko online atau media sosial. Dengan begini, Anda tidak membutuhkan tempat khusus dan bisa menjalankan bisnis  dari rumah saja.

Bisnis Tanaman Hias

Ide bisnis rumahan lain yang bisa dilakukan adalah menjual tanaman hias. Dibanding memelihara hewan, beberapa orang lebih suka merawat tanaman hias di rumah mereka. Selain menyejukkan, budidaya tanaman hias ternyata menjanjikan dengan potensi keuntungan yang lumayan besar.

Anda tentu pernah mendengar berita tentang tanaman hias yang dijual dengan harga fantastis. Satu tanaman hias memiliki harga setara dengan satu buah kendaraan mobil. Harga ini tergolong fantastis untuk jenis produk skala rumahan saja.

Warung Kopi

Membuka warung kopi cocok dipilih sebagai ide bisnis selanjutnya. Jika punya modal cukup banyak, Anda bisa membuka kedai kopi yang diminati oleh kalangan muda. Di sini Anda membutuhkan persiapan yang lebih matang seperti persiapan alat, dekorasi, promosi, dan lain-lain.

Kalau ingin simpel dengan modal yang lebih murah, maka bukalah warung kopi sederhana. Warung kopi ini punya pasar yang lebih general dari latar belakang yang lebih beragam.

Bisnis Bimbel Online

Bisnis terakhir yang bisa dicoba adalah membuka jasa bimbel online. Semenjak pandemi melanda, banyak usaha bimbel konvensional yang mulai tumbang dan juga tutup. Namun, anak sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA tetap membutuhkan jasa bimbel untuk menunjang pembelajaran mereka. Di sini, ada peluang membuka usaha yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Baca juga : Ingin Berpenghasilan dari Rumah? Simak Yuk 7 Ide Bisnis yang Bakal jadi Tren di Tahun 2022

Kebanyakan pelajar membutuhkan jasa pengajar bahasa asing, matematika, dan ilmu pengetahuan lainnya. Anda yang punya keahlian di bidang tersebut bisa memanfaatkannya untuk sesuatu yang menghasilkan.

Demikian penjelasan tentang Ide bisnis rumahan di 2022, semoga membantu dan bermanfaat.

 

 

7 Ide Bisnis Rumahan yang Dapat Dicoba di 2022 | Malik | 4.5
error: Content is protected !!