6 Tips Memulai Bisnis Toserba Bagi Pemula, Anda Wajib Tahu!

Jika ingin menggeluti bisnis yang tidak pernah sepi pengunjung, Anda bisa membuka bisnis toserba bagi pemula. Bisnis toserba menjual berbagai macam barang sehari-hari yang mana banyak dibutuhkan oleh konsumen.

bisnis toserba bagi pemula

Dengan menawarkan harga lebih murah dari swalayan besar toserba bisa menghasilkan penjualan yang cukup banyak dan meraih cuan seperti yang diharapkan. Bisnis toserba termasuk usaha rumahan yang mana akan mendatangkan banyak kerugian jika Anda tidak bisa mengelola bisnis dengan tepat. Supaya tidak mendatangkan kerugian simak tips memulai bisnis toserba bagi pemula yang bisa dilakukan berikut ini:

Pilih Lokasi yang Tepat

Anda yang ingin memulai bisnis toserba penting untuk memilih lokasi yang tepat. Tidak ada toserba atau minimarket yang didirikan di lokasi yang tidak strategis. Hampir semua minimarket atau toserba didirikan di lokasi yang strategis.

Jika lokasinya tepat konsumen akan berdatangan begitu pula sebaliknya. Ciri khas dari toserba adalah menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok dan kebutuhan rumah tangga.  Selain di pinggir jalan raya lokasi toserba yang tepat adalah berada di tengah pemukiman yang mana banyak penduduk. Mereka tidak akan berjalan terlalu jauh jika membutuhkan barang atau perlu sesuatu.

Anda juga bisa menjadikan rumah Anda sebagai lokasi atau tempat toserba asalkan lokasinya strategis daripada menyewa toko yang menguras modal Anda. Yang harus Anda perhatikan kompetitor di lokasi Anda tersebut. Jika terlalu banyak kompetitor Anda bisa mengurungkan niat membuka toserba tersebut.

Kenali Siapa Konsumen Anda

Tips menggeluti bisnis toserba bagi pemula selanjutnya adalah Anda bisa mengenali calon konsumen Anda.  Setelah Anda menentukan lokasi yang tepat langkah selanjutnya Anda bisa mengenali siapa konsumen Anda lebih dahulu. Setiap orang memiliki kebutuhan yang tidak sama sehingga lakukan survei kecil-kecilan. Survei dilakukan untuk memastikan jika barang yang Anda jual benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.

Jika sudah mengetahui kebutuhan utama dari konsumen Anda bisa tahu berapa modal yang Anda butuhkan untuk membeli aneka kebutuhan rumah tangga yang akan Anda jual. Dagangan yang bisa Anda jual di toserba seperti susu, sembako, mie, sabun, shampoo dan masih banyak lagi lainnya.

Hitung Modal Usaha

Hal yang penting untuk Anda lakukan selanjutnya adalah hitung modal usaha karena barang yang akan Anda beli dijual cash oleh penjual. Akan ada keringanan harga yang bisa Anda dapatkan jika membeli dalam skala yang besar. Hal tersebut tergantung dengan kesepakatan yang telah Anda jalin bersama kedua belah pihak.

Rincian modal usaha harus Anda cermati dengan baik jangan sampai bisnis yang Anda geluti justru menyebabkan kerugian finansial bagi diri Anda karena hutang menumpuk cukup banyak.  Pisahkan antara rekening pribadi dengan rekening bisnis agar keuangan perusahaan Anda menjadi tidak carut-marut.

Cari Harga Termurah

Tips bisnis toserba bagi pemula yang bisa dilakukan selanjutnya usahakan untuk mencari harga yang termurah. Anda bisa membandingkan harga di satu tempat dengan tempat lainnya agar Anda benar-benar mendapatkan harga termurah. Meski begitu jangan menjadikan harga termurah sebagai acuan atau patokan Anda, perhatikan pula kualitas produknya jangan sampai harga murah namun kualitasnya tidak pernah Anda perhatikan.

Atur Kerapian Barang Sedemikian Rupa

Tips bisnis toserba bagi pemula yang bisa dilakukan selanjutnya adalah atur kerapian barang. Jangan biarkan toserba Anda berantakan yang mana menyebabkan pemandangan di dalam toserba tidak mengenakkan. Penataan toserba ada triknya dimana Anda harus mengatur barang sesuai dengan fungsi maupun kategorinya. Dengan penataan tepat dan rapi Anda akan membantu konsumen untuk menemukan barang yang sedang dicarinya.

Baca juga : Ide Bisnis Digital di Masa Pandemi, Minim Modal namun Menjanjikan

Misalnya kategori makanan ringan bisa Anda tata pada bagian paling sudut atau pojok. Yang harus Anda ingat adalah jangan sampai mencampurkan antara deterjen atau chemical dengan makanan karena bisa menyebabkan makanan berbau. Selain itu untuk pengemasannya, Anda bisa memberikan pembungkus yang berbeda antara makanan dengan deterjen maupun chemical lainnya.

Metode Pembayaran yang Lengkap

Tidak hanya melayani secara cash saja namun Anda bisa menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang lengkap seperti menggunakan kartu kredit, menggunakan cash, pembayaran digital dan sebagainya. Dengan pilihan pembayaran yang beragam akan membuat konsumen mudah menentukan metode pembayaran sesuai dengan keinginannya.

Demikianlah beberapa tips memulai bisnis toserba bagi pemula yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

6 Tips Memulai Bisnis Toserba Bagi Pemula, Anda Wajib Tahu! | Malik | 4.5
error: Content is protected !!