7 Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam di Depan Rumah dan Tumbuh Subur

Saat ini hobi berkebun menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk mengusir kebosanan selama di rumah saja. Konsep urban farming sudah banyak diterapkan sehingga Anda dapat berkebun di halaman rumah. Sejauh ini ada beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam di depan rumah dengan perawatan yang mudah.

Berkebun di rumah juga memberi Anda banyak manfaat, seperti menjadi gaya hidup yang lebih sehat dan membuat halaman rumah terasa asri. Namun Anda perlu mengetahui jenis sayuran apa saja yang bisa ditanam di depan rumah karena tidak semuanya mampu tumbuh subur pada lahan sempit.

Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam di Depan Rumah

Jika Anda tertarik memulai berkebun setelah menyadari banyaknya manfaat dari aktivitas ini, maka Anda bisa memilih 7 jenis sayuran yang bisa ditanam di depan rumah berikut ini:

  1. Cabai Rawit

Jenis tanaman yang satu ini pastinya sudah tidak asing, khususnya bagi Anda para pencinta kuliner pedas. Kini Anda tidak perlu repot membeli cabai rawit di pasar karena bisa menanamnya sendiri di halaman rumah.

Untuk menanam cabai rawit, Anda memerlukan pot berukuran 5 liter agar hasilnya tumbuh maksimal. Pilihlah pot yang terbuat dari plastik atau keramik dengan lubang drainase yang baik. Mulai tanam bibit cabai di post tersebut dan cukup sirami tiga hari sekali atau setiap hari pada saat musim Kemarau.

Anda juga bisa menanamnya di pekarangan tanpa pot, namun pastikan Anda memberi jarak antar bibit sekitar 10 cm.

  1. Bayam

Jenis sayuran yang bisa ditanam di depan rumah selanjutnya adalah bayam. Sayur bayam adalah tanaman yang cocok ditanam di depan rumah karena pemeliharannya sangat mudah.

Sebelum menanam Anda hanya membutuhkan benih bayam, pot, media tanam yang tercampur pupuk kandang dan kompos. Jika semua peratalan sudah dimiliki, tahap yang perlu dilakukan adalah menyemai benih.

Proses penyemaian benih bisa dilakukan dengan meletakkan benihnya pada media tanam. Beri jarak antara satu benih dengan benih lainnya agar tidak bergerombol saat berkecambah nantinya.

Proses ini berlangsung sekitar satu bulan sampai benih kecambah bisa dipindahkan ke pot yang lebih besar. Perlu Anda perhatikan kalau tanaman bayam tumbuh maksimal di lingkungan yang lembab sehingga Anda harus rutin menyirami tanaman ini untuk menjaga kelembaban.

  1. Terong

Meski buahnya besar, namun terong adalah jenis tanaman yang bisa ditanam di depan rumah karena hanya membutuhkan pot yang kecil. Anda bahkan bisa menggunakan polybag untuk menumbuhkan terong hingga siap dikonsumsi.

Satu pot kecil atau polybag untuk satu bibit yang disemai terlebih dulu. Setelah itu bibit bisa dipindahkan ke dalam polybag dan tancapkan tongkat kayu sepanjang 5-10 cm sebagai penyangga tanaman.

Usahakan untuk menaruh pot di area yang teduh karena tanaman ini sensitif jika terkena panas yang terlalu terik.

  1. Sawi

Menanam sawi terbilang mudah karena tidak membutuhkan lahan yang luas. Namun ada yang perlu Anda perhatikan, yaitu kondisi kelembaban karena sawi hanya mampu tumbuh optimal di daerah tanam yang cenderung dingin.

Jenis sayuran yang bisa ditanam di depan rumah ini tidak suka terkena matahari langsung. Sebaiknya Anda meletakkan tanaman sawi di area yang teduh atau di bawah pepohonan rindang.

Sebelum menanam sawi Anda juga perlu menyirami media tanam secara merata agar kelembaban terjaga. Setelah itu tanam benih sedalam 2 cm ke tanah dengan jarak sekitar 10 cm antar benih.

  1. Daun Bawang

Jenis sayuran yang bisa ditanam di depan rumah selanjutnya adalah daun bawang. Tanaman ini bisa tumbuh dengan subur meski ditanam di lahan sempit. Cara penanaman daun bawang juga mudah karena bisa menggunakan polybag untuk setiap dua batang.

Anda dapat menanamnya secara langsung dari benih maupun dengan cara menyepih dari tanamannya yang sudah tumbuh. Idealnya tanaman daun bawang membutuhkan suhu sekitar 19-24 C.

Dari karakternya, tanaman ini perlu disiram secara rutin 1-2 hari sekali dan tidak membutuhkan kadar air yang banyak.

  1. Tomat

Selain daun bawang, Anda juga bisa menanam tomat di halaman rumah. Tomat adalah jenis sayuran yang mudah ditanam dan dapat tumbuh maksimal asalkan mendapat cukup cahaya matahari secara langsung.

Menanam tomat bisa menggunakan polybag atau pot kecil. Pastikan Anda menanam tomat seara berjajar dengan jarak tanam sekitar 5 cm. Hal ini diperlukan agar tomat tidak berhimpitan dengan bagian batang yang lain saat masa pertumbuhan.

Baca juga : Step by Step Cara Membuat Sistem Irigasi Otomatis dari Botol Plastik

  1. Wortel

Jika Anda mengira sayur wortel hanya tumbuh di dataran tinggi, maka selama ini presepsi Anda perlu diubah. Sayuran yang satu ini justru bisa ditanam di halaman rumah dengan bermodalkan pot yang memiliki kedalaman 30-40 cm. Letakkan bibit wortel di media tanam dengan jarak sekitar 3 cm dan kedalaman 5 cm.

Setelah proses penanaman selesai, siram tanaman secara teratur dan tempatkan di area yang terkena cahaya matahari.

Demikianlah beberapa informasi seputar jenis sayuran yang bisa ditanam di depan rumah, semoga bermanfaat.

7 Jenis Sayuran yang Bisa Ditanam di Depan Rumah dan Tumbuh Subur | Malik | 4.5
error: Content is protected !!