Melirik Investasi Pertanian Online yang Menguntungkan

Saat ini banyak yang melirik investasi pertanian online. Di era digital seperti saat ini semuanya serba mudah dan cepat. Internet tidak hanya membuat informasi lebih cepat saja namun juga berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Teknologi internet membuat manusia tidak hanya suka berbelanja secara online saja, namun juga suka berinvestasi secara online.

Investasi online ini dilakukan oleh banyak pihak, tidak hanya pebisnis maupun perorangan saja, namun lembaga pun sering melakukan investasi dalam bidang pertanian. Investor pertanian ini kebanyakan juga memiliki pemahaman tentang niaga yang masih begitu minim. Hal yang penting diperhatikan adalah mata uang sebagai alat penanaman ini bentuknya juga digital.

Pengertian

Sekitar 41% warga bekerja di sektor pertanian. Melihat fakta tersebut Indonesia memiliki andil yang besar untuk memaksimalkan investasi dalam bidang pertanian.  Investasi pertanian online ini merupakan investasi yang mana investor dengan mitra seperti petani bisa terhubung secara online. Antara investor dengan mitra tergantung dengan pihak ketiga yang menjembatani keduanya saling tersebut. Pihak ketiga yang tersebut adalah Fintech yang menyediakan sistem atau platform investasi dalam sektor pertanian.

Cara Memulai Investasi

Ada beberapa cara memulai investasi pertanian online yang penting untuk Anda perhatikan berikut ini:

  1. Modal

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah modalnya. Pastikan jika Anda sudah menyiapkan modal untuk ikut dalam investasi ini. Gunakan modal yang Anda miliki ini untuk ditanam di platform terpercaya. Anda harus mengetahui besaran modal yang harus Anda keluarkan terlebih dahulu. Misalnya saja adalah untuk platform iGrow Anda bisa memulainya dengan modal yang kecil yaitu 1,5 jutaan saja.

  • Pilih platform terpercaya

Cara memulai investasi pertanian online yang bisa Anda lakukan adalah memilih platform yang terpercaya dan tentunya sudah terdaftar di OJK. Yang harus Anda ketahui disini adalah setiap platform investasi pertanian ini memiliki fokus yang berbeda-beda. Misalnya saja adalah untuk iGrow ini fokusnya ke pertanian organik sehingga petani tersebut yang akan menjadi sasaran dana dari iGrow ini.

Ada juga Crowde yang mana menjadi platform investasi yang fokusnya pada komoditas pertanian. Sebelum menanamkan modal Anda pahami dulu sektor yang akan didanai. Anda juga bisa memilih sektor pertanian yang sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu ada juga platform yang fokusnya pada perikanan seperti udang dan sebagainya.

  • Pahami sistemnya

Karena namanya investasi online maka Anda tidak boleh buru-buru menanamkan modal Anda pada platform tersebut, namun harus memahami sistem yang diberlakukan. Apakah mereka sistemnya P2P lending atau crowdfunding.

Sistem yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah sistem pembagian keuntungannya karena setiap platform ini memiliki sistem pembagian keuntungan yang beda-beda. Contohnya adalah Crowded yang mana pembagian keuntungan dengan cara bagi hasil dan jumlah keuntungannya tidak bisa dipastikan karena harga jual pertanian fluktuatif.

Platform Tanijoy pembagian keuntungannya adalah 50% untuk petani dan 30% untuk investor dan sisanya adalah untuk pemilih lahan.  Untuk iGrow sendiri keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor adalah 40% dari total keuntungan.

  • Lakukan pendaftaran

Jika Anda sudah mendapatkan platform yang cocok maka bisa dengan melakukan pendaftaran. Masukkan data Anda yang valid, setelah itu Anda bisa membaca peraturan yang telah ditetapkan oleh platform tersebut. Setelah itu Anda bisa membuat kesepakatan dengan melampirkan bukti hitam di atas putih.  Anda juga harus upload dokumen yang diperlukan ke sistem.

  • Lakukan pemantauan

Anda harus mentransfer modal ke rekening pihak ketiga. Selama platform Anda terdaftar di OJK Anda tidak perlu takut karena platform tersebut sudah diawasi sehingga jika melakukan pelanggaran izin bisa dicabut. Anda tinggal melakukan pengawasan atau pemantauan secara teratur.

  • Perhatikan waktu pembagian keuntungan

Untuk pertanian sendiri sistem bagi hasilnya teratur karena memiliki masa panen yang pasti. Saat masa panen tiba Anda sebagai investor akan mendapatkan keuntungan dari modal yang Anda tanamkan.

Keuntungan

Selain mendapatkan keuntungan dari investasi Anda, ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan ikut investasi pertanian online seperti berikut ini:

  1. Keamanan modal dan resiko rendah

Tingkat keamanan modal dalam investasi ini pun cukup tinggi dan resikonya rendah. Di saat kondisinya tidak menentu, pertanian akan mendukung aset yang solid dan juga pasokan yang mana nilainya cenderung naik sehingga bisa jawaban bagi Anda yang ingin investasi aman.

  • Penghasil pendapatan yang stabil

Keuntungan selanjutnya adalah investasi ini menjadi aset penghasil pendapatan yang stabil.  Lahan pertanian ini akan memberikan jaminan reguler kepada para investor.  Bahkan aset ini juga menawarkan tingkat pendapatan diatas 5 persen setiap tahun karena permintaan kualitas lahan dan juga pertanian yang cukup tinggi.

Baca juga : 6 Ide Bisnis Pertanian Rumahan Potensial dan Menguntungkan

  • Mendapatkan hasil panen

Yang sederhana investor bisa mendapatkan keuntungan dari hasil panen. Memang panen hanya setahun sekali namun beberapa tanaman dan lokasi tanam bisa panen dua kali dalam setahun.

Demikianlah beberapa informasi tentang investasi pertanian online yang menarik, investasi ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk mendapatkan keuntungan saat masa pandemi seperti saat ini karena lebih stabil dan minim resiko.

Melirik Investasi Pertanian Online yang Menguntungkan | Malik | 4.5
error: Content is protected !!