Jangan Sampai Kena Retas! Lakukan 5 Cara Agar Akun YouTube Aman dari Hacker!

Cara agar akun YouTube aman dari hacker – Berbisnis dan berkarir dalam industri kreatif ini memang sedang tren. Bisnis ini juga menjadi incaran bagi semua orang. Naiknya tren menjadi YouTuber ini juga berbanding lurus dengan banyaknya akun YouTube yang dibajak atau di hack.

Peretasan pernah menimpa akun kreator milik Tara Arts. Akun milik dua bersaudara ini sempat diretas padahal subscribernya hampir satu juta. Beruntungnya dengan dibantu pihak YouTube akun tersebut sudah kembali ke pemilik yang asli.

Yang dialami oleh Tara Arts ini merupakan gambaran satu diantara banyak kasus yang dialami oleh YouTuber Indonesia. Tidak hanya itu saja YouTuber belahan dunia yang lainnya pun juga pernah mengalaminya. Agar Anda tidak mengalami hal yang sama, berikut ini adalah cara agar akun YouTube aman dari hacker yang bisa dilakukan:

Buat Password yang Kuat

Cara agar akun YouTube aman dari hacker yang bisa Anda lakukan pertama adalah gunakan password yang kuat. Password yang tepat untuk YouTube ini sulit dan tidak mudah ditebak oleh siapapun termasuk hacker. Disarankan Ada membuat password yang panjangnya lebih dari 10 karakter. Selain itu Anda bisa membuat karakter yang berbeda dan membuat hacker lama dalam membobol akun Anda.

Anda bisa membuat password dengan teknik mnemonic yang mana kalimat password Anda akan diubah menjadi angka dan juga karakter. Misalnya saja adalah aku suka makan pizza bersama teman supaya senang. Dengan teknik mnemonic kalimat tersebut berubah menjadi 1smpBtss.

Jangan pernah membuat password dengan kombinasi nama dan juga tanggal lahir Anda karena berpotensi untuk diretas oleh hacker. Karena tidak mau ribet banyak yang memilih untuk menggunakan nama  dan juga tanggal lahir padahal berpotensi untuk diretas lebih mudah.

Keamanan Dua Faktor

Cara agar akun YouTube aman dari hacker yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah keamanan dua faktor. Setelah menggunakan password yang kuat Anda bisa menggunakan fitur keamanan dua faktor ini yang mana bisa menambah lapisan keamanan YouTube Anda.

Dengan fitur ini jika suatu saat hacker memiliki password Anda dan berupaya masuk atau login mereka tidak akan bisa melakukannya. Hal itu karena semua perangkat baru yang akan melakukan login ini harus mengajukan persetujuan dari device maupun gadget yang sebelumnya memiliki konektivitas dengan akun tersebut.

Hindari Phising Melalui Email

Agar akun YouTube Anda aman dari hacker hal yang harus Anda hindari adalah phising melalui email dan sebagainya. Yang diincar oleh hacker ini biasanya yang sudah memiliki banyak subscriber yang lumayan. Teknik yang dipakai oleh peretas adalah menawarkan endorsement, testing produk maupun paid promote.

Anda bisa menghindari dan juga menyelidiki lebih dalam mengapa Anda bisa mendapatkan endorsement. Pastikan yang menawarkannya adalah pihak yang mana benar-benar kompeten. Anda bisa langsung mengeceknya dengan  browsing melalui Google maupun di sosial media.

Jangan asal klik, apapun yang ditawarkan di email Anda. Biasanya perusahaan kompeten dan kredibel ini tidak akan asal dalam memberikan link untuk di klik terlebih sampai Anda meminta password dari akun Anda.

Phising juga bisa dilakukan dengan mengirim email dan pihak peretas YouTube ini seolah-olah memberikan kabar suatu hal kepada Anda. Selain itu mereka akan meminta password YouTube Anda. Yang ditekankan disini adalah YouTube tidak akan pernah meminta password kepada pengguna.

Update Browser dan Sistem Keamanan

Agar akun YouTube Anda aman dan terhindar dari hacker adalah penting untuk melakukan update browser dan sistem keamanan komputer Anda. Browser yang Anda gunakan untuk akses YouTube itulah yang harus Anda lakukan update sistem keamanannya. Dengan pembaruan tersebut Anda bisa mengantisipasi serangan malware yang akan membahayakan keamanan channel YouTube Anda.

Jika YouTube Anda sudah diretas, pihak YouTube bisa membantu Anda untuk mengembalikan akses akun Anda kembali. Saat diretas cepatlah membuat laporan kepada pihak YouTube dengan mengakses link ini.

Tambahkan Pemulihan Akun

Cara agar akun YouTube aman dari hacker terakhir yang bisa Anda lakukan adalah tambahkan atau perbarui pemulihan akun.  Lapisan keamanan yang bagus ini akan membuat channel atau akun YouTube Anda sulit untuk dibobol.

Keamanan yang bisa Anda lakukan adalah tambahkan nomor ponsel dan juga alamat email untuk pemulihan jika ada masalah dengan akun Anda. Pemulihan akun ini bisa digunakan untuk memblokir siapapun yang menggunakan akun YouTube Anda tanpa izin. Selain itu pemulihan akun bisa memberitahu aktivitas yang mencurigakan di akun Anda. Yang terakhir adalah bisa digunakan sebagai pemulihan akun Anda jika suatu saat terkunci.

Alasan YouTube Diretas

Ada beberapa alasan mengapa saat ini banyak hacker yang menyerang akun YouTube. Yang pertama adalah akun yang berhasil diretasnya ini digunakan untuk mining atau crypto. Akun YouTube tersebut diretas untuk live atau tujuan tertentu dan yang terakhir adalah akun akan diperjual belikan. Namun akun yang sudah diretas tersebut diganti nama terlebih dahulu.

Baca juga : Jangan Minder, Ini 7 Ide Konten YouTube untuk Introvert yang Cocok Dijadikan Bisnis!

Saat ini banyak taktik yang digunakan oleh hacker untuk bisa membobol akun YouTube dengan jumlah subscriber besar. Selain meningkatkan kehati-hatian penting bagi Anda untuk melakukan beberapa cara agar akun YouTube aman dari hacker seperti yang disebutkan diatas, semoga informasi ini bermanfaat.

Jangan Sampai Kena Retas! Lakukan 5 Cara Agar Akun YouTube Aman dari Hacker! | Malik | 4.5